Berita Indonesia Terbaru

Pemulihan Ekonomi Nasional 2021, Industri Ekonomi Kreatif Jadi yang Terdepan

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mengadakan sejumlah program unggulan, Bagi pelaku ekonomi kreatif Tanah Air.

Editor: Ekayana
SHUTTERSTOCK / Elizaveta Galitckaia
Ilustrasi wisatawan - Seorang turis asing sedang berbelanja di Pasar Seni Ubud, Bali 

TRIBUNSOLOTRAVEL.COM - Pemerintah Indonesia mencanangkan 2021 sebagai tahun Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) pada semua sektor, termasuk sektor ekonomi kreatif di Indonesia.

Setelah terdampak pandemi Covid-19, pelaku industri ekonomi kreatif di Indonesia terus berjuang untuk mengambil bagian dalam momentum Kebangkitan Nasional.

Baca juga: Ibadah Haji 2021 Batal, Travel Umrah Haji Kini Fokus Garap Wisata Domestik

Baca juga: Berpetualang di Alam Puncak Nglinggo Kulon Progo, Suguhkan Wisata Petualangan Hingga Kuliner

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mengadakan sejumlah program unggulan, Bagi pelaku ekonomi kreatif Tanah Air, pandemi Covid-19 bagaikan dua sisi mata uang.

Selain berdampak pada penurunan produksi maupun omset, pandemi juga membuka peluang baru bagi pelaku ekonomi kreatif di Indonesia untuk terus berinovasi.

Ubah tantangan jadi peluang

Tantangan terbesar yang dialami para pelaku industri ekonomi kreatif saat pandemi melanda adalah berubahnya sistem penjualan pada industri kreatif global.

Jika sebelumnya masyarakat lebih banyak membeli perlengkapan secara luar jaringan (luring). Saat pandemi, cara tersebut tak lagi digunakan.

Pembeli tidak mau mengambil risiko terkait penularan Covid-19. Imbasnya, sistem jual beli beralih ke dalam jaringan (daring). Hal ini memberikan tantangan besar bagi sektor ekonomi kreatif Tanah Air.

Pasalnya, tidak semua pelaku ekonomi kreatif di Indonesia memahami metode daring. Hal ini membuat banyak pelaku usaha kreatif yang gulung tikar pada masa awal pandemi karena minimnya permintaan.

Menanggapi hal tersebut, pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Baparekraf) terus memutar otak untuk mengubah tantangan ini menjadi kesempatan bagi para pelaku industri ekonomi kreatif.

Sumber: Kompas.com

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved