Berita Indonesia Terbaru

Taman Nasional Ujung Kulon Kini Dapat Dikunjungi Kembali

Surat yang diteken pada 24 Mei 2021 tersebut pun baru berlaku mulai hari ini lantaran adanya beberapa kendala.

Editor: Ekayana
Shutterstock/krisbiantoandy
Pulau Peucang di Taman Nasional Ujung Kulon, Banten 

TRIBUNSOLOTRAVEL.COM - Wisata alam Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK), Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten saat ini telah dibuka.

Pembukaan tersbeutdimulai sejak Jumat (28/5/2021).

"Ya benar, Taman Nasional Ujung Kulon sudah dibuka lagi mulai hari ini," ujar Kepala Balai Taman Nasional Ujung Kulon, Anggodo, saat dihubungi oleh Kompas.com, Jumat (28/5/2021).

Baca juga: Rute Kapal Feri Banyuwangi-Lombok Sudah Dibuka, Berikut Harga Tiketnya

Baca juga: Banyuwangi ke Lombok Kini Bisa Naik Kapal Feri, Waktu Tempuh 12.5 Jam

Sebelumnya, diberitakan Kompas.com, bahwa wisata TN Ujung Kulon ditutup sementara mulai dari 17 hingga 30 Mei 2021.

Penutupan itu berdasarkan Surat Edaran dengan nomor SE.04/T.12/TU/P3/5/2021, tentang Penutupan Sementara Objek Wisata Alam di Kawasan Konservasi Taman Nasional Ujung Kulon Pandeglang Provinsi Banten, guna mengantisipasi penyebaran virus Covid-19 sebagai dampak antusiasme masyarakat yang berkunjung ke obyek wisata.

Terkait hal itu, Humas Balai TNUK Andri Firmansyah menjelaskan bahwa keputusan tesebut merupakan tindak lanjut dari Instruksi Gubernur Banten Nomor 11 Tahun 2021 tentang Revisi Penutupan Sementara Destinasi Wisata Pasca Libur Lebaran 2021.

Adapun, ia mengatakan kebijakan dibukanya kembali Ujung Kulon tertuang dalam Surat Edaran (SE) dengan nomor: SE.05/T.12/Tu/P3/5/2021 tentang reaktivasi obyek wisata alam di Kawasan Konservasi Taman Nasional Ujung Kulon Pandeglang Provinsi Banten.

Surat yang diteken pada 24 Mei 2021 tersebut pun baru berlaku mulai hari ini lantaran adanya beberapa kendala.

"Awalnya memang kami akan mempercepat proses reaktivasi kunjungan. Namun kami masih menunggu instruksi bupati terkait instruksi gubernur. Tapi ternyata bupati tidak mengeluarkan instruksi lanjutan, dan mengau kepada instruksi gubernur saja. Tanggal 24 Mei SE TNUK dibuat, tapi hari ini tanggal 28 Mei baru diedarkan," kata Andri seperti dilansir dari Antaranews.com, Jumat.

Ia menambahkan, meski saat ini Bupati Pandeglang belum mengeluarkan instruksi resmi untuk kembali membuka obyek wisata yang ada di Kabupaten Pandeglang, namun edaran dibukanya lagi Ujung Kulon sudah melalui koordinasi dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Pandeglang.

Acuannya adalah Instruksi Gubernur Banten yang membolehkan dibukanya kembali obyek wisata di zona hijau dan kuning.

"Sejauh ini yang kami terima, Pemkab mengacu pada instruksi gubernur itu. Jadi memang tidak spesifik Pemkab mengeluarkan instruksi (pembukaan tempat wisata). Tapi, Pemkab sudah mengetahui (reaktivasi TNUK) karena kami juga tembuskan surat ini ke tingkat kecamatan hingga tingkat pusat (kementerian)," ujarnya. 

Kendati demikian, TNUK tetap membatasi kunjungan wisatawan yang datang ke Ujung Kulon. Penerapan protokol kesehatan juga terus diperketat supaya tidak menambah sebaran pandemi Covid-19 di Pandeglang.

"Semoga para pengunjung juga bisa tetap mematuhi protokol kesehatan yang kita berlakukan, agar petugas aman, pengunjung aman. Jadi mari kita sama-sama mematuhi protokol kesehatan agar tidak menimbulkan penularan di obyek wisata TNUK," pungkasnya.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul: Hore! Taman Nasional Ujung Kulon Sudah Bisa Dikunjungi Lagi

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved