Hawaii Kini Mencabut Aturan Pakai Masker di Luar Ruangan

Seluruh wisatasan yang berkunjung ke Hawaii termasuk mereka yang telah divaksinasi diwajibkan untuk tes Covid-19 dengan hasil negatif.

Editor: Ekayana
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi Hawaii - Pulau Maui.(SHUTTERSTOCK) 

TRIBUNSOLOTRAVEL.COM - Hawaii merupakan salah satu negara bagian di Amerika Serikat (AS) yang kini telah mencabut aturan pemakaian masker di luar ruangan pada Selasa (25/5/2021).

Melansir Travel and Leisure, Rabu (26/5/2021), kini wisatawan tidak perlu memakai masker untuk menikmati pantai, jalur pendakian, dan pemandangan Hawaii apapun status vaksinasi Covid-19 mereka.

Baca juga: Pengunjung Wisata Pasir Putih Dalegan Kini Terapkan Protokol Kesehatan dengan Ketat

Baca juga: AS Imbau Warganya Tidak Pergi ke Jepang Menjelang Olimpiade Tokyo

Tidak hanya mencabut aturan pakai masker di luar ruangan, negara bagian tersebut juga akan memulai kembali kompetisi selancar yang mendunia pada Juni 2021.

Bahkan, olahraga-olahraga yang melibatkan sejumlah tim, seperti bisbol dan sepak bola, juga telah diizinkan untuk dimulai kembali pada 1 Juni.

Gubernur Hawaii David Ige mengatakan, saat mengumumkan hal tersebut, kesuksesan program vaksinasi dan kerja sama dari penduduk di seluruh Hawaii berhasil membuat wilayahnya menuju ke tahap tersebut.

"Ini merupakan berita yang telah kami nantikan di Hawaii," kata CEO Elite Travel International yang berbasis di Maui, Stacy Small, kepada Travel and Leisure.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan, beberapa kliennya tinggal di negara-negara bagian yang telah mencabut aturan pakai masker.

Menurut Small, ada juga kemungkinan terjadinya perubahan pada protokol tes Covid-19 pra-kedatangan ke Hawaii.

Saat ini, seluruh wisatasan yang berkunjung ke Hawaii--termasuk mereka yang telah divaksinasi--diwajibkan untuk tes Covid-19 dengan hasil negatif sebelum kedatangan atau wajib mengikuti karantina 10 hari.

Hawaii berencana untuk melanjutkan kewajiban pemakaian masker selama berada di dalam ruangan.

"Sampai lebih banyak orang telah divaksinasi, kita harus lanjut melakukan tindak pencegahan di dalam ruangan dan di luar ruangan dalam kelompok besar demi keselamatan orang-orang yang dicintai, tetangga, dan komunitas," jelas Ige.

Tingkat kasus positif Covid-19 di Hawaii, menurut data terakhir negara bagian tersebut, kini berada pada satu persen.

Hawaii telah memberikan hampir 1,5 juta vaksin Covid-19 dengan sekitar 49 persen dari populasinya kini telah tervaksinasi lengkap. 

Beberapa negara bagian telah mencabut aturan pakai masker sebagai tanggapan terhadap panduan dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC) yang telah diperbarui.

Adapun, aturan tersebut menyatakan bahwa mereka tidak lagi merekomendasikan masker bagi orang-orang yang telah divaksinasi di sebagian besar area di dalam maupun luar ruangan.

Hawaii memilih untuk mengambil langkah yang lebih konservatif untuk mencabut pembatasan Covid-19 di sana.

Mereka tetap meneruskan rekomendasi pemakaian masker wajah di luar ruangan saat berada dalam kelompok besar.

"Virus masih berada di komunitas kita, dan orang-orang yang belum tervaksinasi adalah mereka yang berisiko," ujar Ige.

Di Pulau Oahu sendiri, rumah bagi Pantai Waikiki yang terkenal dan Diamond Head, kegiatan berkumpul tetap dibatasi menjadi 10 orang atau kurang dari jumlah tersebut.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul: Hawaii Cabut Aturan Pakai Masker di Luar Ruangan

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved