Berita Dunia Terbaru

Setelah 6 Bulan Tutup Akibat Covid 19, Museum Musee d'Orsay Paris Akan Kembali Dibuka

Lukisan karya seniman impresionis Pierre-Auguste Renoir merupakan karya tahun 1887 yang menggambarkan seorang gadis yang sedang memegang kucing.

Editor: Ekayana
Dok. UNSPLASH.com
Musee d'Orsay di Paris 

TRIBUNSOLOTRAVEL.COM - Setelah sempat ditutup selama enam bulan lantaran pandemi Covid-19 yang semakin memburuk, Museum Musee d'Orsay di Paris, Prancis akhirnya kembali dibuka.

Melansir dari Reuters.com pada hari Senin (17/5/2021), terlihat kesibukan di museum yang terletak di tepi Sungai Seine itu.

Baca juga: Obyek Wisata di Jateng Kini Diminta Perketat SOP, Jika Tak Lolos Bisa Ditutup

Baca juga: Akibat Covid-19, Penutupan Taj Mahal di India Diperpanjang Hingga 30 Mei 2021

Para staf museum tampak memindahkan berbagai karya seni ke galeri umum. Mereka membuka penutup pelindung dari kotak kaca yang berisikan barang-barang antik.

Para pekerja di sana pun mulai memajang kembali berbagai lukisan yang sebelumnya disimpan selama aturan lockdown diberlakukan, untuk melindunginya dari pengaruh debu dan sinar matahari.

Salah satunya yaitu lukisan karya Renoir yang merupakan salah satu dari banyaknya benda seni di museum tersebut yang tak ternilai harganya.

Lukisan karya seniman impresionis Pierre-Auguste Renoir merupakan karya tahun 1887 yang menggambarkan seorang gadis yang sedang memegang kucing.

Kini, semua lukisan akan dipajang kembali dan museum siap dibuka pada hari Rabu waktu setempat.

"Kami membuka kantor tiket beberapa hari yang lalu dan tampaknya masyarakat benar-benar ingin kembali berkunjung. Dan lebih baik lagi, karena kami merindukan mereka," kata Direktur Museum Musee d'Orsay Laurence Des Cars kepada Reuters. 

"Misi kami adalah untuk menyambut masyarakat dan menawarkan kontak langsung, sebaik-baiknya, dengan karya seni setelah berbulan-bulan menggunakan komputer," tambah dia.

Seperti dilansir dari Hindustantimes.com, Pemerintah Prancis menutup museum dan tempat budaya lainnya pada akhir Oktober untuk menekan penyebaran Covid-19.

Namun setelah tingkat kasus virus Covid-19 di negaranya sudah menurun, saat ini museum tersebut sudah bisa dibuka kembali dengan pembatasan pengunjung.

Sebelum masa pandemi Covid-19, biasanya Musee d'Orsay dapat dikunjungi sekita 15.000 wisatawan setiap hari.

Kini, jumlah tersebut akan dibatasi menjadi 5.000 wisatawan agar mereka dapat saling menjaga jarak di kawasan museum.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul: Setelah 6 Bulan Tutup, Musee d'Orsay Siap Sambut Wisatawan Lagi

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved