Berita Dunia Terbaru

Akibat Covid-19, Penutupan Taj Mahal di India Diperpanjang Hingga 30 Mei 2021

Pandemi Covid-19 telah berdampak cukup parah untuk industri pariwisata di India, terutama Kota Agra.

Editor: Ekayana
smithsonianmag.com
Tak Mahal di India 

TRIBUNSOLOTRAVEL.COM - Periode penutupan Taj Mahal di Kota Agra, India, diperpanjang hingga 30 Mei 2021 atau hingga pengumuman lebih lanjut.

Menurut pengumuman resmi dari Survei Arkeologi India (ASI), hal tersebut dilakukan karena pandemi Covid-19 yang semakin meluas. 

Melansir dari indiatoday.in, penutupan ini juga berlaku untuk 3.693 monumen dan 50 museum lainnya di India.

Baca juga: Sertifikasi Destinasi Wisata Berkelanjutan Akan Diteruskan Kemenparekraf

Baca juga: Wisatawan Membludak Saat Libur Lebaran, Kemenparekraf Akan Perbaiki

Pandemi Covid-19 telah berdampak cukup parah untuk industri pariwisata di India, terutama Kota Agra. Kendati demikian, Sekretaris Agra Tourist Welfare Chamber Vishal Sharma mengatakan bahwa perpanjangan penutupan Taj Mahal tidak akan berpengaruh pada industri pariwisata.

Sebab, sebelumnya pemberlakuan jam malam telah diterapkan di Uttar Pradesh, negara bagian tempat Agra berada, hingga 17 Mei.

Kemungkinan besar jam malam tersebut akan diperpanjang. Vishal menambahkan, industri pariwisata di Kota Agra sedang memasuki masa konsolidasi di mana biaya operasional akan dipangkas dan beberapa pekerja akan diberhentikan.

Diperkirakan pemulihan industri pariwisata di kota Agra akan membutuhkan waktu sekitar satu tahun.

Sebelumnya, Kompas.com melaporkan pada 26 April 2021 bahwa semua monumen, museum, serta situs yang dilindungi di bawah naungan ASI ditutup hingga 15 Mei 2021. Tempat yang ditutup, antara lain Taj Mahal, Red Fort, dan Ajanta Caves.

Dibangun antara 1631-1648 oleh Shah Jahan, bangunan Taj Mahal merupakan hasil perpaduan elemen-elemen Persia, India, dan Islam. Pada tahun 1983, bangunan makam tersebut dinobatkan sebagai Warisan Budaya Dunia oleh UNESCO.

Sementara itu, berdasarkan data dari WHO hingga 17 Mei, tercatat total 24,965,463 kasus Covid-19 terkonfirmasi dengan total kematian 274,390 kasus di India.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul: Penutupan Taj Mahal di India Diperpanjang Akibat Covid-19

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved