Berita Indonesia Terbaru

Periode Larangan Mudik, Sebanyak 81.000 Orang Naik KA Jarak Jauh

Selain itu, para penumpang KA Jarak Jauh juga mereka yang termasuk dalam kategori perjalanan ibu hamil, serta kepentingan non-mudik lainnya.

Editor: Ekayana
Dok. KAI Daop 1 Jakarta
KA Brawijaya tujuan Gambir-Malang PP (Dok. KAI Daop 1 Jakarta) 

TRIBUNSOLOTRAVEL.COM - Selama periode larangan mudik pada 6-17 Mei 2021, PT Kereta Api Indonesia (KAI) memberangkatkan sebanyak 81.000 pelanggan.

Melansir situs resminya, selama periode tersebut, perusahaan kereta api tersebut melayani rata-rata 6.000-an pelanggan per hari.

Jumlah tersebut turun sebesar 83 persen jika dibandingkan dengan jumlah pelanggan KA Jarak Jauh pada masa pengetatan sebelum mudik yakni pada 22 April-5 Mei.

Baca juga: Demi Mencegah Penyebaran Covid-19, Obyek Wisata di Banten Tutup hingga 30 Mei

Baca juga: Pasca Perahu Wisata Terbalik, Waduk Kedung Ombo Belum Dibuka Kembali untuk Wisata

Sebab, pada periode tersebut KAI melayani rata-rata 36.000-an pelanggan KA Jarak Jauh per hari. VP Public Relations KAI Joni Martinus menuturkan, pelanggan KA Jarak Jauh bukan yang berkepentingan mudik.

Adapun, mereka adalah yang memiliki kepentingan untuk bekerja, perjalanan dinas, mengunjungi keluarga yang sakit, dan kunjungan duka karena anggota keluarga yang meninggal.

Selain itu, para penumpang KA Jarak Jauh juga mereka yang termasuk dalam kategori perjalanan ibu hamil, serta kepentingan non-mudik lainnya.

“Seluruh pelanggan kami verifikasi berkas-berkasnya terlebih dahulu secara cermat dan teliti. Jika tidak lengkap, maka tidak akan kami izinkan untuk berangkat,” ujar Joni.

Selama periode larangan mudik, terdapat 5.140 calon penumpang yang ditolak keberangkatannya lantaran tidak memiliki berkas persyaratan yang sesuai.

Rincian dari jumlah tersebut adalah 4.323 orang tidak membawa surat izin perjalanan yang sesuai, dan 817 orang tidak membawa berkas surat bebas Covid-19 yang berlaku.

“Pada masa peniadaan mudik, KAI mengoperasikan 38 KA Jarak Jauh per hari. Seluruh operasional kereta api berjalan dengan lancar dan pelayanan baik di stasiun maupun kereta api juga berjalan tertib,” tutur dia.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul: Periode Larangan Mudik, 81.000 Orang Naik KA Jarak Jauh

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved