Obyek Wisata Boyolali

Embung Manajar di Boyolali, Tempat Wisata yang Instagramable Dengan Latar Gunung Merapi

Jika Embung Kledung di Kabupaten Temanggung memiliki latar belakang Gunung Sumbing yang memesona, Gunung Merapi menjadi latar belakang Embung Manajar.

Editor: Ekayana
KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA
Embung Manajar di Boyolali dengan latar belakang Gunung Merapi 

TRIBUNSOLOTRAVEL.COM - Embung merupakan sebuah cekungan penampung air hujan yang digunakan untuk mengatur suplai aliran air.

Selain itu juga untuk meningkatkan kualitas air di badan air yang terkait.

Namun, embung ternyata tidak hanya bermanfaat untuk sektor pertanian saja.

Beberapa embung juga dimanfaatkan untuk sektor wisata, salah satunya Embung Manajar yang ada di Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Salah satu alasan mengapa Embung Manajar juga dimanfaatkan untuk sektor wisata adalah karena keindahan panorama yang ada di sana.

Baca juga: Demi Mencegah Penyebaran Covid-19, Obyek Wisata di Banten Tutup hingga 30 Mei

Baca juga: Pasca Perahu Wisata Terbalik, Waduk Kedung Ombo Belum Dibuka Kembali untuk Wisata

Jika Embung Kledung di Kabupaten Temanggung memiliki latar belakang Gunung Sumbing yang memesona, Gunung Merapi menjadi latar belakang Embung Manajar.

Adapun, Embung Manajar tepatnya berlokasi di Desa Samiran, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali. Jarak tempuh dari Kota Boyolali adalah sekitar 20 kilometer (km) dengan waktu tempuh sekitar 45 menit.

Embung Manajar juga jadi salah satu alternatif tujuan wisata masyarakat Kota Solo dengan jarak kurang-lebih 49 km dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam.

Pemandangan di Embung Manajar

Embung Manajar terletak di lereng sebelah selatan Gunung Merbabu. Menurut peta topografi Google Maps, embung ini berada di ketinggian sekitar 1.700 meter di atas permukaan laut (mdpl). Dari ketinggian itu, pemandangan ke arah selatan pun begitu terbuka.

Sumber: Kompas.com

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved