Berita Dunia Terbaru

Wisata Bendungan Kendalsari Yang Ditutup Tahun Lalu Kini Sudah Buka Lagi

Pembukaan objek wisata Bendungan Kendalsari tersebut disertai dengan penerapan protokol kesehatan, mengingat virus corona yang masih mewabah

Editor: Ekayana
Dok. BENDUNGANKENDALSARI
Objek Wisata Bendungan Kendalsari 

TRIBUNSOLOTRAVEL.COM - Objek wisata Bendungan Kendalsari (BKK) di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, sempat tutup pada Juni 2020. Namun, tempat tersebut sudah beroperasi kembali hingga kini.

Pembukaan Bendungan Kendalsari untuk pengunjung lantaran objek-objek wisata lain di Klaten sudah diperbolehkan untuk beroperasi kembali. 

Baca juga: Museum Grammy AS Akan Dibuka Kembali pada 21 Mei

Baca juga: Bandara Adi Soemarmo Gelar Simulasi Skrining Covid-19 GeNose,  Tes Resmi Dioperasikan Besok

"Melihat objek wisata lain di Klaten sudah dibuka dan setelah berkoordinasi dengan tim Satgas Covid-19, BKK akhirnya dibuka kembali," kata Bayan Dusun Karangkendal, Desa Kendalsari, Klaten, Sunarto saat dihubungi Kompas.com, Senin (26/4/2021).

Ia menuturkan, Bendungan Kendalsari sempat menjalani sistem buka-tutup. Sebelumnya, tempat tersebut pernah dibuka bulan Juni 2020, tapi kemudian ditutup kembali di bulan yang sama setelah beroperasi selama dua minggu. 

Hal itu menyusul perkembangan kasus Covid-19 di Kabupaten Klaten yang masih tinggi. Namun, penutupan hanya berlangsung selama 15 hari, setelah itu objek wisata Bendungan Kendalsari kembali dibuka hingga saat ini.

"Iya, dulu ditutup cuma 15 hari, tapi kemudian dibuka kembali hingga saat ini," ujar Sunarto.

Terapkan protokol kesehatan

Lebih lanjut, Sunarto menyampaikan bahwa pembukaan objek wisata Bendungan Kendalsari tersebut disertai dengan penerapan protokol kesehatan, mengingat virus corona yang masih mewabah hingga saat ini.

Adapun penerapan protokol kesehatan yang diberlakukan adalah pengecekan suhu tubuh setiap pengunjung sebelum masuk, penyemprotan disinfektan pada pengunjung di pintu masuk, hingga kewajiban mengenakan masker.

Seputar objek wisata Bendungan Kendalsari

Objek wisata Bendungan Kendalsari merupakan salah satu objek tersembunyi di lereng Gunung Merapi yang menawarkan pemandangan cantik. Lokasinya ada di Dukuh Karangkendal RT.12/ RW.05, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Di sana, wisatawan bisa melihat ikan dan menikmati pemandangan Gunung Merapi, memberi makan burung merpati, memancing ikan, berolahraga di sekitar kawasan, bermain sepeda, dan bersantai ria sambil berfoto dengan latar belakang Gunung Merapi.

Di kawasan tersebut juga terdapat rumah makan yang sudah disediakan oleh pengelola tempat wisata.

Jadi, sementara pengunjung bersantai dan menikmati pemandangan alam, mereka juga bisa membeli makanan di sana. Saat ini Objek Wisata Bendungan Kendalsari bisa dikunjungi oleh wisatawan dari hari Senin-Minggu, mulai pukul 06:00-18:00 WIB.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul: Wisata Bendungan Kendalsari Sempat Tutup, Kini Sudah Buka Lagi

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved