Berita Terbaru Solo Raya

Antisipasi Penumpang dari India Masuk Solo Raya, Bandara Adi Soemarmo Tutup Kedatangan Internasional

Jika ditemukan ada WNI yang didapati memiliki riwayat perjalanan domestik maka penumpang akan dilakukan skrining. 

Penulis: Azfar Muhammad
Editor: Ekayana
TRIBUNSOLOTRAVEL/AZFAR MUHAMMAD
Suasana Bandara Adi Soemarmo di Boyolali 

Laporan Wartawan TribunSoloTravel.com, Azhfar Muhammad Robbani

TRIBUNSOLOTRAVEL.COM, BOYOLALI - Pemerintah telah melarang Warga Negara Indonesia (WNI) dan Warga Negara Asing (WNA)  yang berasal dari Negara India memasuki wilayah Indonesia.

Hal itu membuat Bandara Internasional Adi Soemarmo Solo di Boyolali melakukan antisipasi  dengan menutup operasional kedatangan internasional. 

Baca juga: Jelang  Mudik Lebaran  Aktifitas Penerbangan di Adi Soemarmo Solo Boyolali Masih Normal

Baca juga: Sebanyak 9 Orang Terjaring Operasi Penyekatan Perbatasan Jateng-DIY di Klaten

Adapun kebijakan tersebut dilakukan agar membatasi jumlah orang masuk dari India yang sedang mengalami lonjakan kasus Covid-19.

General Manager Bandara Adi Soemarmo, Yani Ajat Hermawan mengatakan, pihak Bandara  sigap mengantisipasi hal tersebut.

“Untuk kedatangan Internasional, lama tidak beroperasi sudah sekitar satu tahun, semenjak pandemi belum ada keberangkatan atau kedatangan internasional lagi,” kata Yani Kepada TribunSolo.com, Rabu (28/4/2021). 

“Disini untuk flight-nya kan biasanya rata-rata  hanya penerbangan untuk haji dan umroh saja, kecuali ada penerbangan mendadak,” tambahnya. 

Menambahkan, Brand Manajer PT Angkasa Pura Support, Muhammad Sofyan mengatakan, jika ditemukan ada WNI yang didapati memiliki riwayat perjalanan domestik maka penumpang akan dilakukan skrining. 

“Untuk saat ini hanya ada beberapa pengetatan di  Bandara-bandara  internasional untuk kedatang dari India, dan mereka pasti sangat ketat untuk pendataan dan penyekatan,” paparnya.

Dirinya mengatakan, seperti di kawasan Bandara Soekarno Hatta Jakarta yang sudah mulai mengantisipasi kedatangan WNA atau WNI dari India.

“Kalau misal ada yang datang ke Bandara sini (Adi Soemarmo) riwayat perjalananya dari India berarti dari Bandara sebelumnya telah lolos identifikasi,” tambahnya.

“Mungkin jika ada nanti kami test dan skrining Covid-19 dan akan berkoordinasi dengan pihak Angkasa Pura atau intsansi terkait,” tandasnya.(*)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved