Berita Indonesia Terbaru

Jelang Libur Lebaran, Dieng Banjarnegara Siapkan Alur Wisatawan untuk Urai Kerumunan

Apabila area parkir tempat wisata tersebut penuh, tim yang sudah berjaga akan mengarahkan wisatawan ke tempat wisata lain di kawasan Dieng.

Editor: Ekayana
KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA
Kawah Sikidang Dilihat dari Batu Pandang Ratapan Angin, Dieng 

TRIBUNSOLOTRAVEL.COM - Kawasan wisata di Dataran Tinggi Dieng bagian Kabupaten Banjarnegara merupakan tempat wisata yang cukup popluler.

Tempayt ini tidak pernah sepi dikunjungi wisatawan, khususnya saat akhir pekan atau libur panjang.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Banjarnegara Agung Yusianto menuturkan, pihaknya telah menyiapkan skenario penguraian kerumunan wisatawan di sana saat momen libur lebaran 2021.

Baca juga: Dieng Banjarnegara Akan Terima Wisatawan Luar Daerah Saat Lebaran

Baca juga: Keraton Kerto, Kerajaan Kedua Mataram Islam yang Kini Seakan Menghilang, Hanya Tersisa Lahan Kosong

Adapun, persiapan tersebut tidak hanya sebagai antisipasi untuk menyambut wisatawan dari luar daerah pada 6-17 Mei 2021, juga untuk menyambut wisatawan lokal yang plesiran. 

“Obyek wisata yang paling banyak dikunjungi adalah Sikijang dari tujuh yang ada di kawasan Dieng. Nanti ada penambahan personel di pertigaan Candi Bima untuk atur dan komunikasi dengan petugas di tempat parkir Sikidang,” kata Agung, Senin (26/4/2021).

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa pihaknya telah bekerja sama dengan TNI/Polri, Dinas Kesehatan, Perhutani, serta perangkat desa setempat untuk hal tersebut.

Apabila area parkir tempat wisata tersebut penuh, tim yang sudah berjaga akan mengarahkan wisatawan ke tempat wisata lain di kawasan Dieng.

Namun jika kapasitas parkir tempat wisata tersebut sudah agak kosong, khususnya untuk kendaraan roda empat, wisatawan diizinkan berkunjung ke sana.

Selain alur kunjungan wisata, persiapan lain yang menurut Agung sudah mantap adalah penerapan protokol kesehatan. 

“Masalah protokol kesehatan kita sudah tidak ada masalah.

Tempat cuci tangan pakai sabun yang permanen sudah siap, alat ukur suhu tubuh juga, di Candi Arjuna pakai alat ukur digital. Siap semua dari sisi protokol kesehatan,” kata dia.

Kemudian, seluruh tempat wisata juga dibatasi kapasitasnya menjadi maksimal 30 persen. Jam operasional juga menjadi pukul 08.00-16.00 WIB.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul : Dieng Banjarnegara Siapkan Alur Wisatawan untuk Urai Kerumunan

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved