Berita Indonesia Terbaru

Akibat Pandemi, Kemenparekraf Kini Perbarui Target Turis Domestik dan Asing

Target untuk turis mancanegara, misalnya, disesuaikan karena adanya pembatasan perjalanan.

Editor: Ekayana
TRIBUNSOLOTRAVEL.COM/MUHAMMAD IRFAN AL AMIN
Pengunjung saat memenuhi tempat wisata Candi Cetho, Karanganyar 

TRIBUNSOLOTRAVEL.COM - Akibat pandemi yang tak kunjung usai, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) kini memperbarui target turis domestik dan mancanegara di Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) 2016-2021.

Langkah ini diambil karena adanya kemungkinan tidak tercapainya target yang telah direncanakan.

Baca juga: Jumlah Pengunjung Terus Naik Hingga 1.000 Orang Per Hari, Pengelola PGS Mulai Antisipasi

Baca juga: Arab Saudi Buka Penerbangan Internasional Mulai 17 Mei 2021, Indonesia Termasuk?

Mengutip Antara pada Kamis (22/4/2021), Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf Nia Niscaya menjelaskan, pihaknya telah melakukan beberapa penyesuaian. Target untuk turis mancanegara, misalnya, disesuaikan karena adanya pembatasan perjalanan.

Adapun, RPJM untuk turis mancanegara diperbarui dari 19 juta pergerakan menjadi empat juta pergerakan. Sementara itu, nilai devisa menjadi 4,8 miliar dollar AS dan ekspor ekonomi kreatif menjadi 17,45 miliar dollar AS. 

Perubahan target untuk wisatawan domestik

Sementara itu untuk wisatawan nusantara adalah dari 320 juta pergerakan, disesuaikan menjadi 180 juta pergerakan. "Karena tidak hanya wisatawan mancanegara yang menghadapi tantangan dengan ditutupnya border. Wisatawan nusantara pun sama mengalami tantangan," ujar Nia.

Kemenparekraf telah menerapkan beberapa strategi untuk membangun kembali industri pariwisata, di antaranya protokol kesehatan CHSE (Cleanliness, Health, Saefty, and Environment) dan kampany Indonesia Care.

Indonesia Care adalah kampanye untuk menerapkan protokol kesehatan serta verifikasi guna menghadirkan destinasi wisata yang bersih, sehat, aman, dan lingkungan lestari.

"Reborn kami adalah wisatawan nusantara jadi strategi untuk pencapaian target, strateginya adalah lebih mengampanyekan protokol kesehatan atau destinasi-destinasi yang sudah menerapkan protokol dengan baik dan mendapat sertifikasi," tutur Nia.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul : Kemenparekraf Perbarui Target Turis Domestik dan Asing Akibat Pandemi

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved