Berita Indonesia Terbaru

Antisipasi Membludaknya Pendaki, Gunung Lawu via Cemara Sewu Akan Jual Tiket Secara Online

Sebuah video yang menunjukkan situasi pos pendakian Gunung Lawu via Cemara Sewu pada hari itu tampak ramai oleh pendaki.

Editor: Ekayana
Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya
Gunung Lawu dilihat dari Bukit Mongkrang Karanganyar 

TRIBUNSOLOTRAVEL.COM - Asisten Perhutani (Asper)/Kepala Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan Lawu Selatan (KBKPH), Kesatuan Pemangku Hutan Lawu dan sekitarnya (Ds) bernama Marwoto mebeberkan bahwa sebentar lagi pembelian tiket pendakian Gunung Lawu via Cemara Sewu bisa dilakukan secara daring.

“Sebulan lagi kita mau pakai tiket online untuk Cemara Sewu. Kemungkinan pakai jasa MKP, sebuah perusahaan penyedia (penjualan tiket) online,” tuturnya kepada Kompas.com, Kamis (22/4/2021).

Baca juga: Pemerintah Resmi Mulai Pengetatan Mudik Mulai Hari ini, Begini Kondisi di Exit Tol Solo

Baca juga: Pemerintah Resmi Mulai Pengetatan Mudik Mulai Hari ini, Pemkot Solo Beri Keputusan Berbeda

Lebih lanjut, Marwoto menjelaskan bahwa nantinya wisatawan bisa mendaftarkan diri secara daring lewat sistem yang saat ini tengah disiapkan dan dirancang.

Dalam sistem tersebut juga nantinya akan disediakan jasa pemandu bagi yang tertarik untuk memanfaatkannya selama pendakian Gunung Lawu.

Rencana sistem daftar online pada 2020

Pada Minggu (16/8/2020), sebuah video yang menunjukkan situasi pos pendakian Gunung Lawu via Cemara Sewu pada hari itu tampak ramai oleh pendaki.

Adapun, keramaian yang tampak dalam video yang viral tersebut adalah karena mereka ingin merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia pada Senin (17/8/2020), Video tersebut diunggah oleh banyak media sosial, salah satunya adalah akun Instagram @gunungindonesia.

Guna mengantisipasi kembali membludaknya jumlah pendaki, Marwoto dalam berita tersebut mengatakan bahwa pihaknya tengah memikirkan strategi sistem daftar atau registrasi daring.

“Ke depan, akan ada sistem online juga, tapi kami masih buat sistemnya akan seperti apa. Masih dirumuskan bagian IT Lawu Ds,” ungkapnya, Minggu.

Selain penerapan sistem registrasi daring, langkah antisipasi lain yang telah diterapkan hingga kini untuk menghindari penumpukan calon pendaki adalah pembelian tiket diwakilkan oleh satu orang.

Terkait kapan pastinya sistem registrasi daring sudah bisa digunakan, calon pendaki dapat memantau akun Instagram @anakgununglawu atau Facebook atas nama Anak Gunung Lawu.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul : Tiket Pendakian Gunung Lawu via Cemara Sewu akan Bisa Dibeli Online

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved