Berita Dunia Terbaru

Kasus Covid-19 Meningkat di Phuket dan Jadi Zona Merah, Tetap Sambut Turis Asing?

Phuket termasuk salah satu dari 18 zona merah Covid-19 yang menerapkan beberapa peraturan

Editor: Ekayana
Instagram/trekkingnikki
Phuket Old Town, Phuket, Thailand 

TRIBUNSOLOTRAVEL.COM - Provinsi Phuket di Thailand berencana menyambut wisatawan asing yang sudah divaksinasi mulai Juli 2021. Rencana itu dikenal juga sebagai Phuket sandbox. 

Namun, meningkatnya kasus positif Covid-19 di beberapa wilayah di Thailand, termasuk Phuket, menimbulkan kekhawatiran akan kemungkinan rencana itu diundur. 

Baca juga: Gunung Ciremai dan Gede Pangrango Kini Tutup Pendakian Hingga Idul Fitri 2021

Baca juga: Bangkitkan Kembali Pariwisata, Kemenparekraf Gandeng GIPI Perangi Covid-19

Mengutip tatnews.org, tercatat penambahan 1.443 kasus baru pada Selasa (20/4/2021) dan total kasus positif Covid-19 di negara tersebut hingga hari ini adalah 45.185 kasus. Sejak Minggu (18/4/2021),

Phuket termasuk salah satu dari 18 zona merah Covid-19 yang menerapkan beberapa peraturan, di antaranya penutupan bar, pembatasan waktu operasional restoran, dan pembatasan jam buka mal hingga pukul 21.00 waktu setempat.

Sementara itu melansir nationthailand.com, Menteri Pariwisata dan Olahraga Thailand Phiphat Ratchakitprakarn mengatakan, pemerintah akan menyambut turis asing dalam tiga tahap. Pihaknya juga akan bekerja sama dengan lembaga lain, yaitu Kementerian Kesehatan dan Kementerian Luar Negeri.

"Tapi, rencana untuk mengurangi masa karantina turis yang sudah divaksinasi mulai bulan Juni dan peresmian Phuket sandbox pada 1 Juli (2021) mungkin tidak akan terjadi jika ada tentangan," kata Phiphat pada Senin (19/4/2021).

Ia menambahkan, rencana ini dikhususkan untuk wisatawan dari Inggris, Rusia, Jerman, Italia, Spanyol, dan Amerika Serikat. Selanjutnya mereka akan fokus ke turis China mulai bukan Oktober 2021.

Untuk mewujudkan rencana di Phuket tersebut, sekitar 900.000 dosis vaksin Covid-19 harus diberikan pada warga setempat hingga bulan Juni 2021 agar tercapai herd immunity dan sejauh ini 100.000 dosis vaksin telah diberikan.

Kendati demikian, menurut bangkokpost.com, sulit untuk mengalokasikan vaksin dalam jumlah banyak ke satu provinsi, sementara banyak provinsi lain yang juga membutuhkan. Pada Sabtu (17/4/2021), Phiphat menjelaskan, pihaknya prihatin dengan jadwal pembukaan tersebut. 

"Kami masih harus mendiskusikan rencana pemberian vaksin. Apabila target herd immunity tidak dapat dicapai, kami mungkin harus mempertimbangkan untuk hanya membuka area-area tertentu di Phuket," tuturnya.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul : Kasus Covid-19 Meningkat, Phuket Tak Jadi Sambut Turis Asing?

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved