Berita Dunia Terbaru

Tuai Banyak Kritikan, Pemerintah Spanyol Kini Ubah Aturan Berjemur di Pantai Wajib Bermasker

Selain berenang di laut, masker juga dapat dilepas ketika sedang berenang di kolam renang, sungai, bendungan, dan danau.

Editor: Ekayana
Balate Dorin/SHUTTERSTOCK
Ilustrasi pantai di Spanyol. (Balate Dorin/SHUTTERSTOCK) 

TRIBUNSOLOTRAVEL.COM - Spanyol kini mencabut dan mengklarifikasi aturan seputar penggunaan masker saat berjemur dan berenang di pantai usai mendapat kritikan.

Pekan lalu, Sabtu (10/4/2021), sebuah undang-undang diperkenalkan kepada publik yang menyatakan, seluruh wisatawan dan warga setempat wajib memakai masker setiap saat.

Baca juga: Pascagempa, Wisata Kelolaan Jatim Park Group Akan Tetap Dibuka

Baca juga: Mudik Lebaran Dilarang, Oleh-Oleh Khas Solo Di Pasar Gede Diserbu Pembeli, Sampai Kirim Ke Papua

Adapun, masker harus dikenakan setiap saat ketika mereka sedang berada di area publik termasuk pantai.

Aturan tersebut ditujukan untuk diterapkan di seluuh area publik. Artinya, penutup wajah akan diwajibkan saat berjemur di pantai atau berenang di laut.

Aturan diubah

Otoritas kesehatan Spanyol kini telah mengklarifikasi aturan tersebut. Sebuah pernyataan dari mereka menjelaskan, orang-orang diizinkan untuk melepas masker saat berjemur atau berenang di pantai.

Pernyataan tersebut menjelaskan, masker dapat dilepas saat seseorang berada pada tempat yang spesifik dan jaga jarak minimal 1,5 meter dari orang-orang yang tidak tinggal serumah dengan mereka.

Selain berenang di laut, masker juga dapat dilepas ketika sedang berenang di kolam renang, sungai, bendungan, dan danau selama aturan jaga jarak dipatuhi.

Akan tetapi, saat sedang berjalan-jalan di tepi pantai, wisatawan wajib menggunakan masker kembali. Lalu, saat berada di luar atau di dalam bar dan restoran, masker harus dikenakan kecuali saat sedang makan.

Saat aturan tersebut diumumkan pekan lalu, Vice Presiden Exceltur—organisasi yang mewakili industri pariwisata Spanyol—bernama Jose Luis Zoreda menyampaikan pendapatnya kepada koran El Pais.

“Kami sedang melalui neraka dengan ribuan pekerjaan dan bisnis terancam. Sekarang mereka ingin mengubah pantai menjadi rumah sakit terbuka,” ungkapnya, mengutip The Independent.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul: Pemerintah Spanyol Ubah Aturan Berjemur di Pantai Wajib Bermasker

Sumber: Kompas.com

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved