Berita Terbaru Solo Raya

Meski Padusan Dilarang, Wisata Air di Klaten Tetap Buka, Ini Aturannya

Tak hanya pembatasan pengunjung, jam operasional juga diberlakukan untuk mengurangi jumlah pengunjung.

Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya
Umbul Manten yang ramai oleh ribuan pengunjung menjelang Bulan Ramadhan. (Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya) 

TRIBUNSOLOTRAVEL.COM - Tradisi padusan menjelang Ramadhan 2021 di Kabupaten Klaten ditiadakan.

Namun, Pemerintah Kabupaten Klaten mengizinkan wisata air tetap buka. meski 

"Untuk sementara tradisi Padusan di Klaten ditiadakan, namun wisata Tirta tetap dibuka," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Klaten Sri Nugroho, Jumat (9/4/2021).

Baca juga: Sambut Ramadan, Amaris Hotel Luncurkan Bukber Murah Meriah, Hanya 45 Ribu Bisa All You Can It

Baca juga: Minta Alat Tes Covid-19 GeNose ke Pusat, Pengelola Terminal Ir Soekarno Klaten: Masih Dipending

Ia mengatakan bahwa wisata air di Klaten memang sudah dibuka sejak awal November 2020 dan hingga saat ini masih beroperasional seperti biasa.

Namun, pembukaan wisata air tersebut tetap mengikuti aturan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) skala mikro dengan pembatasan pengunjung 25 persen.

Tak hanya pembatasan pengunjung, jam operasional juga diberlakukan untuk mengurangi jumlah pengunjung. Jam buka wisata air di Klaten adalah pukul 08.00-15.00 WIB. Aturan ini juga diterapkan saat momen padusan guna mencegah membludaknya pengunjung yang datang ke wisata air.

Tradisi padusan di Klaten tahun 2021 ditiadakan

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Klaten telah secara resmi meniadakan tradisi padusan menjelang Ramadhan tahun 2021 ini. Kebijakan itu bertujuan untuk mencegah kerumunan massa yang dapat menyebabkan penyebaran virus corona atau Covid-19.

Padusan merupakan tradisi Jawa dalam menyambut bulan suci Ramadhan yang bermakna menyucikan jiwa dan raga saat memasuki bulan suci Ramadhan yang penuh berkah. Tradisi tahunan ini terus dilaksanakan di Kabupaten Klaten sebagai wujud pelestarian budaya jawa. Biasanya menjelang Ramadhan, beberapa umbul di Klaten, seperti Umbul Manten dan Ponggok, selalu diserbu pengunjung yang akan melakukan tradisi padusan.

Pemkab Klaten akan mengoptimalkan Satgas penanganan Covid-19 pada pihak pengelola wisata dengan melibatkan Satgas Covid-19 di kecamatan untuk selalu siaga di tempat wisata air.  Mereka akan berjaga di tempat wisata agar pengelola maupun pengunjung senantiasa mematuhi protokol kesehatan dan tidak ada panggung hiburan.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul : Wisata Air di Klaten Tetap Buka meski Padusan Dilarang, Ini Aturannya

Ikuti kami di
Editor: Ekayana
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved