Berita Indonesia Terbaru

Kemenparekraf Sebut Pembangunan Ulang TMII Bisa Tiru Penataan Ulang GBK

Selain karena khasnya TMII, tempat wisata tersebut juga memiliki lokasi yang sangat strategis.

kompas.com / Nabilla Ramadhian
Keong Emas di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Minggu (5/7/2020).(kompas.com / Nabilla Ramadhian) 

TRIBUNSOLOTRAVEL.COM - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno membeberkan bahwa pembangunan ulang Taman Mini Indonesia Indah (TMII) bisa meniru penataan ulang kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Senayan.

Dalam keterangan pers yang terima, Kamis (8/4/2021), Sandiaga mengungkapkan bahwa pihaknya baru mendapat arahan dari Menter Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno terkait pengelolaan tempat wisata tersebut.

Baca juga: Pemkab Sukoharjo Larang Padusan Jelang Ramadan 2021, Kolam Renang Batu Seribu Ditutup

Baca juga: Antisipasi Lonjakan Pemudik, Satgas Covid Karanganyar Akan Gelar Operasi di Wilayah Perbatasan

"Untuk pengelolaan TMII ke depan, memastikan TMII menjadi destinasi wisata unggulan, khususnya berkaitan dengan posisi TMII sebagai destinasi berbasis budaya. Karena banyak sekali budaya yang menjadi kekhasan TMII," kata Sandiaga, Rabu (7/5/2021).

Selain karena khasnya TMII, tempat wisata tersebut juga memiliki lokasi yang sangat strategis. Hal ini membuatnya berpotensi untuk menggelar MICE (meeting, incentive, convention, and exhibition) atau wisata kuliner. Lebih lanjut, Sandiaga mengatakan bahwa TMII merupakan perekat bangsa lantaran setiap provinsi memiliki anjungan di sana.

Jika diarahkan untuk menggelar MICE atau wisata berbasis kuliner, pihaknya akan mengikuti proses dan mendukung hal tersebut. Sandiaga mengaku, sebagai seseorang yang pernah bertugas di Pemprov DKI Jakarta, dirinya sangat memiliki kedekatan dengan pengelolaan TMII.

Menurut dia, TMII sangat unik. Lahannya juga sangat luas dan lokasinya berada di pusat kota. Bahkan, beberapa kecamatan di Jakarta Timur mencakup TMII. "Saya sendiri sering berkegiatan di sana berupa wisata olahraga seperti lari maraton yang pernah digelar di TMII baik 5k dan 10k. Jadi, potensinya sangat luar biasa ke depannya untuk bisa dikembangkan," ucap Sandiaga.

Dia berharap diambilalihnya TMII bisa dikhususkan untuk pelayanan masyarakat dan peningkatan akses terhadap layanan pariwisata berbasis budaya berkualitas. Sandiaga pun berterima kasih kepada pengelola sebelumnya yang sudah menjalankan tugas dengan baik.

"Tapi, dengan keputusan pemerintah mengambil alih TMII, kita harapkan dapat membawa lebih banyak manfaat bagi bangsa dan negara. Pada prinsipnya, kami di Kemenparekraf siap untuk bersinergi," kata dia. Pihaknya pun akan belajar dari penataan ulang GBK yang sudah rapi, sehingga TMII bisa lebih baik ke depannya agar bisa makin menjadi destinasi wisata unggulan.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul : Kemenparekraf: TMII Bisa Tiru Penataan Ulang GBK

Ikuti kami di
Editor: Ekayana
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved