Berita Indonesia Terbaru

Selama Libur Panjang Paskah, Satpol PP DIY akan Razia Surat Hasil Tes Covid-19 Secara Acak

Jika wisatawan tidak dapat menunjukkan surat hasil rapid test antigen maka wisatawan diminta melakukan pemeriksaan di layanan kesehatan terdekat.

Editor: Ekayana
Shutterstock
Malioboro (Shutterstock) 

TRIBUNSOLOTRAVEL.COM - Satpol PP Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) nantinya akan melakukan Razia hasil tes Covid-19 secara acak.

Tes tersebut akan dilakukan di tempat-tempat wisata.

"Kita lakukan secara acak pada setiap hari libur, baik sabtu minggu seperti libur panjang ini,” kata Kepala Satpol PP DIY Noviar Rahmad, Jumat (2/4/2021).

Nantinya saat melakukan operasi, pihaknya akan menanyakan kepada wisatawan soal hasil tes Covid-19 secara acak. 

Baca juga: Minta Alat Tes Covid-19 GeNose ke Pusat, Pengelola Terminal Ir Soekarno Klaten: Masih Dipending

Baca juga: Pemerintah Larangg Mudik Lebaran 2021, PT KAI Wilayah Solo - Yogyakarta Pasrah Ikuti Aturan

Jika wisatawan tidak dapat menunjukkan surat hasil rapid test antigen maka wisatawan diminta melakukan pemeriksaan di layanan kesehatan terdekat. Jika tidak mau, wisatawan diminta kembali ke daerah asal. Adapun, aka nada tujuh titik yang nantinya dilakukan pengecekan secara acak.

Ketujuh lokasi yaitu sekitar Pantai Wediombo, Pantai Baron, Parangtritis, Pantai Baru, Pantai Glagah, Waduk Sermo, dan Kaliurang.

Pol PP gabungan TNI, Polri kita bagi dua wilayah. Utara dan selatan, menyasar seluruh tempat wisata dan tempat keramaian,” ujar Noviar. 

Ia melanjutkan, di Kota Yogyakarta lokasinya adalah Malioboro dan Alun-alun. Pihaknya paling sering melakukan pembubaran di dekat Masjid Syuhada.

Bisa pakai tes GeNose

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) DIY Singgih Raharjo mengatakan bahwa mulai 1 April 2021, wisatawan bisa membawa hasil GeNose C-19. "Per 1 April di Bandara YIA sudah mulai diberlakukan (GeNose), terus di kereta juga. Saya kira itu juga bisa bagian dari skrining itu sendiri," kata Singgih.

Tes GeNose pun makin menambah pilihan tes Covid-19 bagi para wisatawan. Sebelumnya, hanya hasil rapid test antigen dan PCR yang dapat digunakan. Pihaknya pun masih mewajibkan wisatawan luar DIY untuk melengkapi diri dengan surat tes Covid-19 dengan hasil negatif.

Selain untuk syarat berwisata, surat hasil tes Covid-19 itu juga menjadi syarat untuk menginap di penginapan.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul : Libur Panjang Paskah, Satpol PP DIY akan Razia Surat Hasil Tes Covid-19 Secara Acak

Sumber: Kompas.com

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved