Berita Indonesia Terbaru

Pariwisata Bali Akan Dibuka, Turis Asing Nanti Hanya Boleh Jalan-jalan di Kawasan Tertentu

Jika wisman datang ke Bali dalam keadaan sehat, maka mereka harus kembali negara masing-masing dalam keadaan sehat juga.

SHUTTERSTOCK / Elizaveta Galitckaia
Ilustrasi wisatawan - Seorang turis asing sedang berbelanja di Pasar Seni Ubud, Bali 

TRIBUNSOLOTRAVEL.COM - Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali Putu Astawa membenarkan pariwisata Bali akan dibuka bagi wisatawan mancanegara (wisman) pada pertengahan 2021.

Namun, dia menjelaskan bahwa jika sudah dapat berkunjung ke Bali, mereka tidak akan dibebaskan untuk berwisata di area lain di Bali.

Baca juga: Perjalanaan Gudeg Khas Solo Mbak Yus, Pernah Kena Gusur Hingga Jadi Langganan Pejabat

Baca juga: Jalur Pendakian Gunung Rinjani Kini Dibuka Kembali, Terdapat Dua Jalur Baru

“Nanti kita batasi di Zona Hijau. Nanti kita evaluasi berkala supaya jangan timbulkan boomerang,” kata Putu kepada Kompas.com, Minggu (28/3/2021). Zona Hijau yang dimaksud adalah Ubud, Nusa Dua, dan Sanur. Menurut dia, pergerakan wisman akan dibatasi agar Bali tetap aman.

Sebab, jika wisman datang ke Bali dalam keadaan sehat, maka mereka harus kembali negara masing-masing dalam keadaan sehat juga. “Kita harus hati-hati. Kita trial dulu. Bukan nanti kita lepas mereka bebas di Bali, itu kurang cantik. Kalau hasil evaluasi bagus, baru kita sebar,” ucap Putu.

Untuk diketahui, wilayah-wilayah yang masuk dalam Zona Hijau sedang melakukan proses vaksinasi Covid-19 yang telah berlangsung sejak Senin (22/3/2021). Dalam pemberitaan Kompas.com, Senin, tiga wilayah tersebut sudah mendapatkan sebanyak 170.487 dosis vaksin.

Dari jumlah dosis tersebut, sebanyak 47.045 dosis diberikan kepada Ubud, 87.715 kepada Nusa Dua, dan 35.727 dosis kepada Sanur mulai Senin. Pemberian vaksinasi pada tiga kawasan tersebut bertujuan untuk memulihkan kesehatan masyarakat dan ekonomi pariwisata Bali.

“Mewujudkan tga kawasan zona hijau ini merupakan langkah cerdas dalam upaya membuka kembali pariwisata Bali,” kata Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra dalam keterangan tertulis, mengutip Kompas.com. “Dengan pemberian vaksin dan didukung penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin, maka zona hijau di tiga kawasan ini akan terwujud,” sambungnya.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul : Turis Asing di Bali Nanti Hanya Boleh Jalan-jalan di Kawasan Tertentu

Ikuti kami di
Editor: Ekayana
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved