Berita Dunia Terbaru

Tutup Setahun, Penjara Alcatraz Kini Dibuka Kembali, Wisatawan Bisa Nikmati Tur Dalam Ruangan

Kapal feri yang membawa wisatawan ke Alcatraz hanya beroperasi dengan kapasitas 25 persen atau membawa sekitar 150 orang.

PIXABAY/Bettina Nørgaard
Penjara Alcatraz di San Francisco yang kini menjadi tempat wisata di Amerika Serikat (PIXABAY/Bettina Nørgaard) 

TRIBUNSOLOTRAVEL.COM - Penjara bersejarah di Amerika Serikat (AS), Alcatraz akhirnya dibuka kembali untuk kunjungan wisatawan pada Senin (15/3/2021).

Setelah sebelumnya ditutup selama satu tahun akibat pandemi Covid-19.

Melansir ABC News, Selasa (16/3/2021), tempat wisata tersebut membatasi kunjungan wisatawan untuk tur dalam ruangan yang selama pandemi Covid-19 tidak dibuka.

Baca juga: Menikmati Keindahan Tongkonan Lempe, Wisata Negeri Atas Awan di Toraja Utara

Baca juga: Rumania dan Yunani akan Buat Perjanjian Skema Perjalanan, Wisatawan Boleh Datang Pertengahan April

Selama berada di pulau yang sempat ditinggali oleh dua kriminal ternama yakni Al Capone dan George “Machine Gun” Kelly, wisatawan diwajibkan untuk menggunakan masker dan saling jaga jarak.

Kapal feri yang membawa wisatawan ke Alcatraz hanya beroperasi dengan kapasitas 25 persen atau membawa sekitar 150 orang. Sebelumnya, kapal-kapal yang menuju ke sana membawa 600 pengunjung.

Selanjutnya, akses ke sana juga akan dibatasi hanya untuk wisatawan yang sebelumnya telah mendaftarkan diri untuk tur audio. Modifikasi keselamatan telah dilakukan di seluruh area termasuk penanda jaga jarak serta peningkatan pembersihan dan tempat untuk mencuci tangan. Selama berada di kapal feri atau di pulau, layanan makan bagi wisatawan tidak akan tersedia. Mengutip SFGate, Selasa, wisatawan perlu reservasi terlebih dahulu sebelum berkunjung ke Alcatraz.

Kondisi setelah dibuka

Pembukaan kembali tur dalam ruangan Alcatraz langsung disambut oleh wisatawan yang berbondong-bondong ke sana meski suhu sedang dingin. Bahkan, tiket langsung terjual habis pada saat pembukaan.

Para wisatawan yang terlihat baru turun dari kapal feri langsung diingatkan oleh penjaga tempat wisata untuk menggunakan masker dan jaga jarak.

Di lantai, pengunjung akan melihat penanda jaga jarak yang masing-masing berjarak enam kaki. Pada setiap tempat cuci tangan juga tersedia hand sanitizer. “Hari ini adalah hari yang simbolik. Tidak hanya bagi National Park Service, namun juga bagi komunitas wisatawan San Francisco,” kata Communications Director Golden Gate National Recreation Area, Charlie Strickfaden, kepada SFGate.

Selama berada di sana, wisatawan diimbau untuk mengunggah tur audio agar mereka bisa mendengarkan sendiri melalui ponsel. Meski begitu, pihak Alcatraz tetap menyediakan perangkat audio yang telah disanitasi yang dapat dimanfaatkan oleh pengunjung.

Seluruh area luar ruangan termasuk Eagle Plaza, Sally Port, Recreation Yard, dan taman bersejarah telah dibuka. Sebelumnya, Alcatraz hanya membuka tur luar ruangan pada Agustus 2020 untuk mengurangi penyebaran Covid-19. Biasanya, tempat wisata tersebut menampung hingga 5.000 wisatawan per hari. Namun, kini jumlah tersebut akan dikurangi menjadi sekitar seribu.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul ; Tutup Setahun, Penjara Alcatraz Buka Lagi Tur Dalam Ruangan

Ikuti kami di
Editor: Ekayana
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved