Destinasi Alam Mengagumkan

Menikmati Keindahan Tongkonan Lempe, Wisata Negeri Atas Awan di Toraja Utara

Tongkonan Lempe merupakan wisata pertama yang berdiri di Lolai pada 2015 dan menjadi daya tarik wisatawan.

DOK. Abun Pasanggang
Pemandangan Tongkonan Lempe terlihat dari atas (DOK. Abun Pasanggang) 

TRIBUNSOLOTRAVEL.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, wisata Negeri di Atas Awan di Toraja Utara sebagai salah satu destinasi wisata yang bisa dikunjungi saat berlibur ke Toraja.

Pernyataan itu ia sampaikan dalam pembukaan Bandara Toraja di Mengkendek, Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Kamis (18/3/2021). Wisata Negeri di Atas Awan atau lebih dikenal dengan Lolai juga pernah dikunjungi almarhum ibunda Jokowi, Sudjiatmi Notomiharjo tahun 2016.

Baca juga: Tempat Wisata Sudah Mulai Buka, Museum Manusia Purba Dayu di Karanganyar Masih Tutup, Mengapa?

Baca juga: Pemkab Sukoharjo Masih Pertimbangkan Pembukaan Bioskop, Bupati: Meski Landai, Kita Tak Boleh Lengah

Tongkonan Lempe merupakan wisata pertama yang berdiri di Lolai pada 2015 dan menjadi daya tarik wisatawan. Lokasinya berada 11 kilometer (km) dari pusat kota Rantepao.

Setelah eksis, tempat wisata lainnya juga bermunculan di area Lolai, yaitu To'Tombi dan Pongtorra.

Awal mula wisata Tongkonan Lempe

Wisata Tongkonan Lempe ini merupakan rumah adat warga setempat yang kemudian mulai dieksplor menjadi spot foto oleh beberapa fotografer dari Jakarta, Surabaya, Bandung, Toraja, Palu dan Makassar. Salah satunya adalah Abun Pasanggang yang juga menjadi pengelola Tongkonan Lempe saat ini. Abun Pasanggang bercerita kepada Kompas.com,  Selasa (16/3/2021) bahwa kunjungan mereka saat itu untuk hunting foto upacara Ma’Nene tahun 2014. "Dulu kami hunting ma'nene tahun 2014, kebetulan rumah teman yang ditempati ada di Lolai. Pagi-pagi waktu kami lihat, kok ada bangunan di situ? Lalu kami diajak ke sana subuh-subuh dan bagus sekali dan dulunya ini masih banyak pohon-pohon," kata Abun.

Sejak kunjungan pertama tersebut, Abun mulai intens berkunjung bahkan menginap selama beberapa hari untuk memperhatikan dan mempelajari kondisi awan sebelum ia memperkenalkan wisata ini ke orang banyak.

Masyarakat setempat kemudian mulai bertanya kepada dia soal potensi Lolai untuk menjadi tempat wisata. "Dulu cuma sewakan tenda saja awal-awal. Lalu mulai dibangun fasilitas lainya karena kasihan pengunjung yang datang saat itu," jelas Abun.

Setelah mempelajari kondisi awan dan mengenalkan Tongkonan Lempe, wisata Lolai ini kemudian mulai booming dan banyak diliput media tahun 2015.

Berwisata ke Tongkonan Lempe

Waktu tempuh menuju Tongkonan Lempe adalah sekitar 20 menit dengan motor dan 40 menit naik mobil jika jalanan tidak macet. Tarif masuknya hanya Rp 15.000. "Untuk parkir di luar biaya masuk karena jika tempat parkir di Tongkonan Lempe penuh, pengunjung akan menggunakan halaman rumah warga jadi kami kenakan biaya Rp 5.000 untuk motor, Rp 10.000 untuk mobil. Lalu uangnya yah kami berikan ke warga," ujar Abun. Ketika masuk, pengunjung akan melihat dua tongkonan yang berhadapan dengan tiga lumbung. "Memang bentuknya terlihat mirip, tapi fungsinya yang berbeda.

Tongkonan untuk ditinggal orang, lumbung untuk menyimpan gabah," tutur Abun. Melihat banyaknya pengunjung yang datang, kemudian beberapa fasilitas penunjang lain mulai didirikan, seperti resort, restoran, wc, spot foto, tempat mendirikan tenda dan mushala. Ada pula penginapan dengan harga mulai Rp 250.000-Rp 1 juta. Jika ingin berkemah, kamu dapat membawa tenda sendiri dari rumah atau menyewa di warga sekitar dengan membayar Rp 80.000-Rp 100.000 tergantung ukuran tenda.

Abun menyarankan untuk datang ke Tongkonan Lempe pukul 04.00 WIT agar terhindar dari kemacetan, sehingga pengunjung dapat melihat pemandangan matahari terbit.

"Kalau datang dan belum ada matahari, bisa sambil minum kopi Toraja. Tempat seperti ini cocok sekali. Di sini harga kopi Torajanya Rp 5.000 per gelas sama kayak warung di luar dan banyak warga sekitar yang jual," lanjut Abun. Karena masih pandemi, saat berkunjung wisatawan tetap harus memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul : Tongkonan Lempe, Wisata Negeri Atas Awan di Toraja Utara

Ikuti kami di
Editor: Ekayana
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved