Destinasi Alam Mengagumkan

Pesona Keindahan Danau Beko di Tegal, Ada 5 Cekungan Danau yang Miliki Kedalaman Berbeda

Dasar danau yang ditumbuhi lumut memberi pantulan warna hijau yang cukup menarik. Apalagi, saat Anda berkunjung di kala cuaca cerah.

tribun jateng/fajar eko nugroho
Pengunjung nekat terjun untuk menikmati Danau Beko. (tribun jateng/fajar eko nugroho) 

TRIBUNSOLOTRAVEL.COM - Tegal punya tempat wisata baru. Meski tak resmi, lokasi wisata ini ramai dikunjungi anak muda dan dibicarakan luas di dunia maya.

Namanya, Danau Beko. Danau di Dukuh Apu, Desa Karangdawa, Kecamatan Margasari, Kabupaten Tegal, ini memang bukan danau alami. Namun, terbentuk karena aktivitas penambangan batu kapur. Beko berasal dari kata backhoe yang merupakan bagian dari excavator (alat penggali). Cekungan hasil penggalian tersebut selanjutnya terisi air hujan.

Baca juga: Lebih Dikenal sebagai Gereja Ayam, Ini Fakta Bukit Rhema di Magelang yang Miliki Banyak Julukan

Baca juga: The Village Purwokerto, Wisata Ala Eropa di Baturraden, Wahana Lengkap Bikin betah Wisatawan

Dasar danau yang ditumbuhi lumut memberi pantulan warna hijau yang cukup menarik. Apalagi, saat Anda berkunjung di kala cuaca cerah. Degradasi warna pun kadang berubah dari hijau agak kebiruan. Pantulan tebing-tebing kapur yang menjulang hingga 15 meter di air danau pun terlihat indah.

Di sekitar lokasi juga terdapat perbukitan hijau. Anda tak akan bosan melihat hamparan pemandangan tersebut dan bakal betah.

Ada lima danau di kawasan ini, letaknya bersebelahan. Luasannya bermacam-macam, ada yang 300 meter persegi, 450 meter persegi, dan yang ketiga 600 meter persegi dengan bentuk memanjang. Sementara danau keempat dan kelima memiliki luas 1.200 meter persegi dan 4.500 meter persegi.

"Keindahan Danau Beko ini tak kalah dari Kawah Putih di Bandung," ujar Nirwana, seorang pengunjung.

Nirwana datang bersama teman-temannya. Mereka terlihat sangat menikmati suasana sekitar Danau Beko.

Anda yang penasaran keindahan Danau Beko bisa mengarahkan kendaraan dari alun-alun Tegal ke arah Margasari. Sesampai di perempatan Pasar Margasari, ambil jalan arah ke utara, arah Jatibarang.

Namun, jangan kaget. Jalan menuju danau ini tak semua mulus. Sesampai di perbukitan kapur, Anda harus melewati jalan tidak beraspal dan sedikit bergelombang sepanjang tiga kilometer.

Jangan lupa membawa air minum atau camilan sebagai bekal. Pasalnya, tak ada pedagang di sekitar lokasi ini. (*)

Artikel ini telah tayang di Tribunjateng.com dengan judul : Unik, Nama Danau di Tegal Ini Diambil dari Nama Alat Penggali

Ikuti kami di
Editor: Ekayana
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved