Berita Indonesia Terbaru

Usai Libur Panjang, Sebuah Video Tunjukkan Tumpukan Sampah di Pantai Parangtritis

Banyak wisatawan yang diduga membuang sampah sembarangan saat berlibur.

Editor: Ekayana
TWITTER.com/PENDAKILAWAS
Tangkapan layar video Pantai Parangtritis yang kotor oleh sampah (TWITTER.com/PENDAKILAWAS) 

TRIBUNSOLOTRAVEL.COM - Sebuah video viral menunjukkan banyaknya tumpukan sampah berada di Pantai Parangtritis, Bantul, pada (11/3/2021). Video tersebut diunggah ke Twitter oleh akun @pendakilawas. Banyak wisatawan yang diduga membuang sampah sembarangan saat berlibur.

Dari pengamatan, video yang diunggah memiliki durasi 33 detik. Video menggambarkan suasana pantai dengan tulsain "Pantai Parantritis Jogjakarta 11/3/2021" ditambah emoticon menangis.

Baca juga: Rencana Revitalisasi Toilet di Destinasi Wisata dari Kemenparekraf, Akan Ada Pendampingan

Baca juga: Pandemi Belum Usai, Wisatawan Kini Wajib Bawa Surat Hasil Antigen Saat Berkunjung ke Jogja

Ada lagu tentang budaya Yogyakarta dalam video yang sudah ditonton 2.540 kali sampai pukul 17.25 WIB, Senin (15/3/2021) Menanggapi video itu, Kepala Seksi Promosi dan Informasi Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul Markus Purnomo Adi mengatakan ada dua masalah sampah yang selama ini terjadi di Kawasan Pantai Parangtritis.

Sampah pertama yakni karena banjir di sungai yang bermuara di Kawasan Pantai selatan dan sampah pengunjung yang tidak mau membuang sampah pada tempatnya. "Kalau dilihat dari sampah di video itu sampah dari pengunjung yang tidak mau menempatkan pada tempatnya karena botol minuman terus ada plastik sedotannya, dan sebagainya," kata Markus.

Upaya agar tidak terulang kembali

Selama ini, upaya yang dilakukan paguyuban pelaku wisata Parangtritis, Pedagang, Sopir bendi, petugas kebersihan, dan masyarakat hingga wisatawan agar pantai tetap bersih adalah rutin melakukan pembersihan pantai dua minggu sekali.

"Rencananya akan ditambahi bak sampah yang tidak dekat air. Pemerintah berupaya agar kejadian tak terulang," kata dia. Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata atau Dispar DIY Singgih Raharjo mengakui adanya tumpukan sampah di kawsan pantai Parangtritis.

Dirinya meminta kesadaran masyarakat. Selain budaya protokol kesehatan atau prokes, budaya kebersihan juga jangan ditinggalkan. Persoalan sampah tidak hanya tanggung jawab petugas kebersihan, tetapi juga masyarakatnya. "Selain budaya penerapan prokes saya kira harus diimbangi budaya kebersihan juga. Misalnya membuang sampah di tempatnya, itu jadi budaya kita," kata Singgih.

Dia berharap peristiwa kemarin menjadi pelajaran dan tidak terulang lagi kemudian hari. Terlebih untuk wisata outdor saat ini jadi favorit dan dianggap minim penyebaran Covid-19.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul : Viral Video Pantai Parangtritis Penuh Sampah Usai Libur Panjang

Sumber: Kompas.com

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved