Berita Indonesia Terbaru

Libur Panjang, Wisata Bantul dan Gunungkidul Dipenuhi Wisatawan, Kawasan Pantai Jadi Favorit

Masalah kebersihan juga disorot. Ke depan, pihaknya berharap agar pengunjung membuang sampah pada tempatnya dan tidak menyebabkan kawasan pantai kotor

Editor: Ekayana
kompas.com
Pantai Parangtritis di Daerah Istimewa Yogyakarta.(KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA) 

TRIBUNSOLOTRAVEL.COM -  Libur panjang Isra Miraj dan Nyepi 2021 pada masa Pandemi dan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro tak menyurutkan masyarakat untuk berwisata ke Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Beberapa destinasi tersebut ramai dikunjungi wisatawan, antara lain adalah Gunungkidul dan Bantul.

Kepala Seksi Promosi dan Informasi Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul Markus Purnomo Adi mengatakan, kunjungan wisata di Kabupaten Bantul naik cukup signifikan selama Kamis (11/3/2021) sampai Minggu (14/3/2021).

Baca juga: Menikmati Suasana Tradisional Ala Pedesaan di Joglo Bu Condro Magelang

Baca juga: Rencana Revitalisasi Toilet di Destinasi Wisata dari Kemenparekraf, Akan Ada Pendampingan

Total kunjungan selama empat hari mencapai 35.622 orang dengan pendapatan mencapai lebih dari Rp 347 juta.

"Dibanding hari biasa, meningkat 45 persen," kata Markus saat dihubungi melalui sambungan telepon Senin (15/3/2021). Pengunjung sebagian besar berada di Kawasan Pantai selatan, seperti Parangtritis. Selama libur panjang, petugas berusaha agar pengunjung tetap menjaga protokol kesehatan, seperti menggunakan masker dan menjaga jarak.

Masalah kebersihan juga disorot. Ke depan, pihaknya berharap agar pengunjung membuang sampah pada tempatnya dan tidak menyebabkan kawasan pantai kotor.

Ramainya wisata Gunungkidul

Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul Harry Sukmono mengatakan, kunjungan wisata selama libur Isra Miraj-Nyepi tahun 2021 mencapai 41.895 orang. "Puncaknya pada hari Minggu (14/3/2021) sebanyak 15.047 orang," kata Harry.

Sama seperti Bantul, kawasan wisata pantai masih menjadi favorit wisatawan untuk berlibur ke Gunungkidul. "Untuk libur hari besar nasional, Jumat tetap buka. Tetapi Jumat depan tutup untuk bersih-bersih lokasi dan strilisasi obyek wisata di masa Pandemi," kata Harry. Petugas wisata pun tetap mengimbau kepada wisatawan agar terus memakai masker dan menjaga jarak selama libur ke kawasan pantai.

Pihaknya berharap wisatawan memanfaatkan e-ticketing yang sudah tersedia untuk berkunjung ke kawasan pantai Baron dan sekitarnya.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul : Libur Panjang, Wisata Bantul dan Gunungkidul Diserbu Wisatawan

Sumber: Tribun Jogja

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved