Berita Dunia Terbaru

Yunani akan Buka Pariwisata Pada Mei 2021, Wisatawan Negatif Covid-19 Dipersilahkan Datang

Otoritas akan memprioritaskan vaksinasi orang-orang yang bekerja di sektor pariwisata setelah sebagian besar masyarakat dapat vaksin Covid-19.

Editor: Ekayana
PIXABAY
Ilustrasi Yunani 

TRIBUNSOLOTRAVEL.COM - Yunani berencana kembali membuka pariwisata mereka pada Mei 2021 menyambut datangnya musim panas.

Dilansir Reuters, Menteri Pariwisata Yunani Harry Theocharis mengatakan pada Selasa (9/3/2021) bahwa mereka yang telah menerima vaksinasi Covid-19, atau memiliki antibodi Covid, atau punya bukti negatif Covid-19 bisa datang ke Yunani pada musim panas.

Baca juga: Persiapan Pembukaan Bioskop 100 Persen, Pengelola Biskop Masih Tunggu Surat Izin Satgas Covid-19

Baca juga: Alternatif Terbaru ke Malang, KA Brawijaya Kini Resmi Beroperasi

Pariwisata memang sumber pendapatan yang sangat besar untuk Yunani. Sebelumnya, negara ini juga sempat meminta adanya sertifikat vaksinasi untuk Uni Eropa sebagai salah satu cara membuka kembali pergerakan pariwisata. 

Industri pariwisata menyumbang sekitar seperlima dari ekonomi Yunani dan mempekerjakan satu dari lima pekerja. Adanya pandemi Covid-19 tentu saja menurunkan jumlah kedatangan wisatawan pada tahun 2020 lalu. Yunani berharap untuk memulai kembali musim panas yang sangat penting ini pada pertengahan bulan Mei 2021, ujar Theocharis saat berpidato di pameran dagang ITB Berlin dari Museum Acropolis Athena.

“Yunani sudah siap dengan protokol yang lengkap untuk musim panas 2021. Wisatawan akan bisa datang jika mereka telah divaksin, atau memiliki antibodi, atau memiliki bukti tes negatif. Semua wisatawan mungkin akan mendapatkan random testing,” jelas Theocharis.

Lebih lanjut, ia juga menyatakan bahwa otoritas akan memprioritaskan vaksinasi orang-orang yang bekerja di sektor pariwisata setelah sebagian besar masyarakat yang rawan telah mendapatkan vaksinasi. Otoritas juga mewajibkan adanya tes Covid-19 untuk pekerja yang dilakukan secara rutin.

Yunani telah menerapkan lockdown di beberapa bagian negara untuk mengendalikan penyebaran pandemi Covid-19, Khususnya setelah adanya lonjakan infeksi baru yang menambah tekanan pada sistem kesehatan mereka. Sejak pandemi dimulai, telah ada lebih dari 217.000 kasus dengan sekitar 6.900 angka kematian di Yunani.

Seperti dilansir Travel and Leisure, Yunani berharap bisa benar-benar menyambut kembali para pelancong pada 14 Mei 2021. Hanya beberapa hari sebelum Inggris yang menetapkan tanggal 17 Mei 2021 untuk membuka kembali akses masyarakat kembali bepergian secara internasional.

Inggris merupakan negara kedua setelah Jerman yang jadi penyumbang terbesar wisatawan ke Yunani. Sebelum pandemi, Yunani biasanya menerima lebih dari 30 juta kunjungan internasional per tahunnya.

Tahun 2021 ini, Yunani berharap bisa mencapai sekitar 50 persen dari jumlah tersebut, seperti dilaporkan The Guardian.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul : Yunani akan Buka Kembali Pariwisata Pada Mei 2021

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved