Berita Indonesia Terbaru

Tempat Wisata di Yogyakarta Tetap Buka Saat PPKM Mikro

Jika ditemukan satu kasus positif maka destinasi tersebut akan ditutup untuk sementara. "

ANTARA FOTO/HENDRA NURDIYANSYAH
Foto dirilis Rabu (22/7/2020), memperlihatkan petugas Jogoboro memeriksa suhu tubuh pengunjung di Jalan Malioboro, DI Yogyakarta. Pihak pengelola dan penyedia jasa wisata di Yogyakarta mencoba kembali bangkit dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat dan melakukan simulasi untuk membiasakan tatanan era adaptasi kebiasaan baru.(ANTARA FOTO/HENDRA NURDIYANSYAH) 

TRIBUNSOLOTRAVEL.COM, SOLO - Selama Pemberlakuan Pengetatan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro di Daerah Istimewa Yogyakarta, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X memperbolehkan destinasi wisata tetap buka.

Sultan menyampaikan, destinasi wisata dipersilahkan untuk buka tetapi harus tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Baca juga: Desa-desa di Daerah Tertinggal Kini Punya Peluang Jadi Desa Wisata

Baca juga: Belanja di Pasar Ciplukan Karanganyar, Lakukan Transaksi Dengan Koin Khusus yang Terbuat Dari Kayu

Jika ditemukan satu kasus positif maka destinasi tersebut akan ditutup untuk sementara. "Buka silakan saja yang penting memenuhi persyaratan yang ditentukan saja. Tapi kalau ada yang positif ya, saya tutup," katanya ditemui di Gedung DPRD DIY, Selasa (8/3/2021).

Disinggung terkait libur panjang Isra Miraj yang bertepatan di akhir pekan mendatang, dia menyampaikan Pemerintah Daerah akan menyiapkan kebijakannya. Namun, Sultan enggan menjelaskan secara rinci kebijakan yang akan diterapkan saat libur panjang.

"Nanti ada kebijakan sendiri," katanya singkat. Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Kadarmanta Baskara Aji menambahkan selama PPKM, Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah DIY untuk tidak bepergian jauh jika tidak ada keperluan mendesak.

"PNS tidak boleh bepergian. Baru kita siapkan surat edaran nanti hari ini ditandatangani Pak Gubernur, seperti kemarin libur panjang tetap prokes termasuk di dalamnya hotel-hotel dan tempat wisata tidak ditutup," kata dia.

Aji menambahkan syarat berkunjung ke DIY bagi warga di luar DIY tetap harus memakai surat hasil antigen negatif. "Tapi persyaratan protokol kesehatan pakai antigen dan seterusnya kita jalan," kata dia.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul : PPKM Mikro Diperpanjang, Tempat Wisata Yogyakarta Tetap Buka

Ikuti kami di
Editor: Ekayana
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved