Berita Dunia Terbaru

Mengenal Panagbenga, Festival Bunga Tahunan di Filipina yang Penuh Warna

Selama festival berlangsung, Kota Baguio akan mengadakan parade pembukaan bernama Canao yang merupakan tarian festival tradisional.

Editor: Ekayana
SHUTTERSTOCK/Tony Magdaraog
Festival Panagbenga di Kota Baguio, Filipina (SHUTTERSTOCK/Tony Magdaraog).(SHUTTERSTOCK/Tony Magdaraog) 

TRIBUNSOLOTRAVEL.COM - Panagbenga merupakan sebuah festival bunga tahunan di Kota Baguio, Filipina yang dirayakan selama Februari.

Menurut keterangan pers dari Philippine Department of Tourism (PDOT), nama festival tersebut berasal dari istilah Kankanaey yang berarti “musim bunga bermekaran”.

Festival yang merupakan salah satu acara budaya terbesar di Filipina tersebut dicetuskan pada 1995 sebagai perayaan kota yang pulih setelah mengalami gempa bumi Luzon pada 1990.

Baca juga: Berkunjung Ke Florawisata San Terra di Malang, Wisata Bunga yang Instagramable

Baca juga: Belanja di Pasar Ciplukan Karanganyar, Lakukan Transaksi Dengan Koin Khusus yang Terbuat Dari Kayu

Selain sebagai salah satu acara budaya terbesar di Filipina, Festival Panagbenga adalah festival non-agama terbesar yang mencerminkan sejarah, tradisi, dan nilai yang dianut warga Baguio dan Cordillera.

Berlangsung selama sebulan

Festival Panagbenga dirayakan selama satu bulan pada Februari setiap tahunnya. Selama festival berlangsung, Kota Baguio akan mengadakan parade pembukaan bernama Canao yang merupakan tarian festival tradisional.

Selanjutnya, selama festival berlangsung juga akan ada bazar, parade kendaraan hias, serta upacara penutupan. Semua didukung oleh musik, tarian, dan kostum warna-warni.

Melansir Sunstar.com.ph, Kamis (24/10/2019), Wakil Gubernur Benguet mengatakan, canao adalah salah satu cara untuk meminta berkah kepada Kabunyan atau Kabunian (Dewa).

Festival penuh warna yang mendorong pariwisata Baguio

Menurut informasi dalam Bar.gov.ph, Kota Baguio akan dipenuhi warna selama Festival Panagbena berlangsung.

Sumber: Kompas.com

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved