Berita Dunia Terbaru

Qantas Akan Mulai Lanjutkan Penerbangan Internasional Pada Oktober 2021, Siap Periksa Paspor vaksin

Rencana tersebut berlaku untuk Qantas dan juga maskapai penerbangan Jetstar, low cost carrier (LCC) yang juga dimiliki perusahaan tersebut.

SHUTTERSTOCK
Pesawat Boeing 787-9 milik maskapai Qantas Airlines.(SHUTTERSTOCK) 

TRIBUNSOLOTRAVEL.COM - Maskapai penerbangan asal Australia, Qantas, akan melanjutkan penerbangan internasional mereka mulai akhir Oktober 2021.

Qantas telah merilis hasil keuangan setengah tahun mereka pada Rabu (24/2/2021).

Di dalamnya juga termasuk informasi terkait rencana mereka untuk kembali melanjutkan penerbangan internasional di musim gugur.

Baca juga: Danau Shuji Muara Enim, Tempat Wisata Favorit di Sumut Yang Punya Cerita Sejarah

Baca juga: Cuti Bersama yang Dipangkas Dianggap Persulit Sektor Pariwisata Untuk Bertahan Ditengah Pandemi

Rencana tersebut berlaku untuk Qantas dan juga maskapai penerbangan Jetstar, low cost carrier (LCC) yang juga dimiliki perusahaan tersebut. Selain itu, maskapai penerbangan ini juga berniat untuk meningkatkan penerbangan trans-Tasman ke Selandia Baru pada Juli 2021.

Dilansir Lonely Planet, periode musim gugur dipilih oleh maskapai penerbangan tersebut agar tepat waktu dengan berakhirnya jadwal vaksinasi di Australia.

Sementara ini, Qantas dilaporkan tetap berkonsultasi dengan pemerintah Australia. Jika situasinya berubah, tanggal kelanjutan penerbangan internasional ini juga akan diperbaharui.

Namun, jumlah penerbangan internasional tersebut tentu saja tak akan sama kondisinya seperti sebelum pandemi Covid-19 berlangsung. Misalnya, hanya 22 dari 25 rute internasional (termasuk Los Angeles, Johannesburg, dan London) yang akan kembali berjalan setelah 31 Oktober 2021.

Sementara itu, Jetstar akan menjalankan kembali seluruh rute internasional mereka yang berjumlah 13 rute. Termasuk juga penerbangan ke Bangkok, Seoul, dan Tokyo. Pesawat yang akan beroperasi di setiap rutenya juga akan lebih sedikit. Selain itu, jumlah penumpangnya juga akan lebih sedikit di setiap pesawat. Menurut CEO Qantas Alan Joyce, dipilihnya Oktober 2021 dianggap cukup masuk awal dan dalam beberapa hal cukup konservatif.

Perwakilan Qantas mengatakan bahwa mereka sedang memeriksa beberapa kartu kesehatan digital, atau yang lebih dikenal sebagai paspor vaksin. Paspor vaksin ini akan memberikan verifikasi apakah seorang penumpang telah mendapatkan vaksinasi.

Beberapa negara juga telah mengizinkan pelancong yang sudah divaksinasi untuk melewati proses karantina saat kedatangan. Di mana langkah tersebut adalah langkah pertama yang sangat penting dalam proses pembukaan kembali industri perjalanan global.

Sejauh ini, masih belum ada kepastian kapan perjalanan internasional di Australia bisa kembali berlangsung. Menurut data Qantas, perjalanan internasional tidak akan benar-benar pulih hingga tahun 2024.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul : Qantas Akan Lanjutkan Penerbangan Internasional Pada Oktober 2021

Ikuti kami di
Editor: Ekayana
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved