Tips Berguna

5 Tips Berwisata pada Musim Hujan, Konsumsi Vitamin Agar Badan Tetap Fit

Perlu persiapan lebih untuk berwisata di musim hujan dibanding saat musim kemarau.

Editor: Ekayana
SHUTTERSTOCK/CHOKCHAI POOMICHAIYA
Ilustrasi musim hujan yang dipengaruhi La Nina. BMKG merilisi anomali iklim La Nina sedang berkembang di Samudera Pasifik, dampaknya pada Indonesia dapat menyebabkan cuaca esktrem dengan curah hujan yang tinggi, serta berakibat pada bencana hidrometeorologi seperti banjir dan tanah longsor 

TRIBUNSOLOTRAVEL.COM - Akhir-akhir ini, curah hujan sedang tinggi-tingginya. Selain itu juga terjadi banjir di beberapa daerah.

Meski begitu, bukan berarti aktivitas travelling dan berwisata tidak bisa dilakukan sama sekali pada musim hujan bagi pencinta aktivitas tersebut.

Baca juga: Percepat Pembangunan Pariwisata, Bangka Belitung Bekerja Sama dengn Seychelles di Bidang Pariwisata

Baca juga: Studio Ghibli Theme Park Akan Hadirkan Replika Howls Moving Castle, Seperti Apa?

Oleh karena itu, perlu persiapan lebih untuk berwisata di musim hujan dibanding saat musim kemarau.

Berikut ini adalah lima tips berwisata di musim hujan agar tetap aman:

1. Siapkan jas hujan atau payung

Alat pelindung hujan, seperti jas hujan atau payung, wajib dibawa saat berwisata di musim hujan. Jika berencana jalan-jalan di tengah kota maka payung dan jaket sudah cukup. Namun, lain halnya jika bepergian naik sepeda motor. Wajib menyiapkan jas hujan, sandal, dan baju ganti jika perlu.

2. Konsumsi vitamin dan bawa obat ringan

Pertahanan utama dari cuaca buruk adalah daya tahan tubuh yang baik. Oleh karenanya, biasakan mengonsumsi vitamin dan makanan penambah imun tubuh selama musim hujan.

Selalu sediakan pula obat-obatan ringan, seperti obat sakit kepala, minyak gosok, atau jamu masuk angin sebagai pertolongan pertama di perjalanan.

3. Memilih tempat wisata dalam ruangan

Jika Anda tidak ingin mengambil risiko cuaca yang kurang bersahabat maka memilih tempat wisata indoor bisa jadi pilihan. Museum adalah salah satu contoh tempat wisata indoor yang menarik. Agar lebih aman, datang saat tempat baru buka atau menjelang tutup sehingga lebih sepi.

4. Mengonsumsi makanan hangat

Jangan pergi dengan perut kosong. Lebih baik lagi, hangatkan diri Anda dengan makanan berkuah di sela-sela waktu kunjungan.

Pilihannya beragam. Bisa sup, soto, atau sekadar minuman hangat, seperti wedang jahe yang cocok dinikmati saat cuaca sedang dingin.

5. Pantau ramalan cuaca

Gunakan gadget Anda secara maksimal dengan mengikuti perkembangan dan prediksi cuaca setiap hari. Jangan hanya melihat suhunya, lihat juga secara detail perkiraan cuaca setiap jam, persentase potensi turun hujan, dan bandingkan dengan beberapa sumber agar hasilnya lebih akurat. Jika Anda berencana pergi ke luar kota, jangan lupa untuk memeriksa kondisi cuaca di kota tujuan.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul : 5 Tips Berwisata pada Musim Hujan agar Tetap Aman

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved