Berita Dunia Terbaru

Museum di London Kini Punya Replika Planet Mars Berukuran 7 Meter, Seperti Apa?

Selagi berada di Mars, Perseverance akan mencari jejak kehidupan mikroba masa lalu.

dok. Natural History Museum
Instalasi seni planet Mars karya seniman Inggris bernama Luke Jerram yang digantung di Hintze Hall, Natural History Museum London (dok. Natural History Museum) 

TRIBUNSOLOTRAVEL.COM - Natural History Museum di London kini memiliki sebuah replika planet Mars raksasa sebagai penanda kedatangan kendaraan (rover) Perseverance milik NASA baru-baru ini di planet tersebut.

Melansir Lonely Planet, Jumat (19/2/2021), karya seni dengan lebar tujuh meter yang diciptakan seniman Inggris bernama Luke Jerram tersebut digantung di langit-langit Hintze Hall.

Baca juga: Disneyland Hong Kong Akan Kembali Buka Pada 19 Februari 2021

Baca juga: Wisatawan yang Sudah Divaksin Tetap Harus Karantina jika ke Australia

Adapun, Hintze Hall merupakan ruangan yang juga memiliki karya seni dari misi perjalanan NASA sebelumnya. Replika planet Mars ditaruh di sana sebagai tribut dari mendaratnya Perseverance di planet merah setelah melakukan perjalanan sepanjang tujuh bulan dari Bumi.

Selagi berada di Mars, Perseverance akan mencari jejak kehidupan mikroba masa lalu.

Sementara itu, para ilmuwan dari Natural History Museum bekerja sama dengan NASA dan Badan Antariksa Eropa terkait saran untuk pengumpulan sampel batuan dan tanah planet Mars.

Meski instalasi seni tersebut luar biasa untuk dilihat, saat ini Natural History Museum masih ditutup karena adanya pembatasan Covid-19.

Wisata malam di museum

Natural History Museum merupakan salah satu bangunan terkenal di London, Inggris tepatnya di South Kensington. Mengutip situs resminya, museum tersebut menawarkan beragam kegiatan wisata yang kerap dilakukan sebelum pandemi Covid-19 dan saat museum masih dibuka untuk umum. Bagi yang familiar dengan film Night at the Museum, tempat wisata tersebut menawarkan kegiatan Dino Snores for Grown-ups termasuk sarapan.

Para orang dewasa yang berkunjung dapat bermalam di Hintze Hall sambil menikmati tiga hidangan utama. Tidak hanya itu, mereka juga diberikan akses ke galeri pilihan dan pameran sementara. Ada juga workshop tentang satwa, kegiatan mendekorasi penutup mata, pertunjukan sains, serta maraton film monster sepanjang malam.

Bagi yang ingin menikmati camilan, hal tersebut akan disajikan hingga pukul 00.45 waktu setempat. Semenatara kopi dan teh pukul 21.00-02.30 dan 07.00-09.30 waktu setempat.

Untuk anak-anak, pihak museum menawarkan Dino Snores for Kids, termasuk sarapan. Sembari melihat-lihat koleksi museum ditemani obor, anak-anak juga berkesempatan untuk bermalam di sana. Bahkan, mereka juga bisa mengikuti workshop membuat kaus bergambar dinosaurus dan pertunjukan edukasi seputar sains.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul : Museum di London Punya Replika Planet Mars, Seperti Apa?

Ikuti kami di
Editor: Ekayana
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved