Destinasi Alam Mengagumkan

Pantai Watu Bale Pacitan Kini Punya Wahana Uji Nyali, Berani Coba?

Apabila terjadi pasang ombak, atau gelombang ombak terjadi di atas standar keamanan jembatan yang telah ditetapkan.

shutterstock/Utik Margarini
Pantai Watu Bale, Pacitan.(shutterstock/Utik Margarini) 

TRIBUNSOLOTRAVEL.COM - Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pacitan Andi Faliandra mengatakan, Pantai Watu Bale di Desa Jetak, Kecamatan Tulakan kini memiliki wahana baru yakni jembatan “ekstrem”.

“Desember 2020 (dibuat) jembatan di Watu Bale yang menghubungkan pantai ke suatu pulau. Jembatan atau disebutnya wahana uji nyali,” kata dia kepada Kompas.com, Selasa (16/2/2021).

Baca juga: Berburu Barang Antik di Upper Lascar Row di Hong Kong, Wisatawan Bisa Dapat Barang Langka dan Kuno

Baca juga: Indonesia Bisa Contoh UEA untuk Buka Pariwisata Internasional

Andi melanjutkan, wahana tersebut seharusnya sudah dibuka pada awal Januari 2021. Namun karena kasus Covid-19 di Pacitan meningkat, wahana tersebut baru dibuka pada awal Februari. Bagi wisatawan yang ingin mencobanya, mereka tidak perlu khawatir karena keamanannya sudah dipersiapkan dengan baik.

“Keamanan kami benar-benar pastikan untuk orang, dan dari sisi alam, cuaca juga memenuhi standar. Kami punya parameter kecepatan angin. Jadi, wisatawan bisa uji nyali tapi tetap aman,” jelas Andi.

Apabila terjadi pasang ombak, atau gelombang ombak terjadi di atas standar keamanan jembatan yang telah ditetapkan, maka wisatawan tidak akan bisa melewati jembatan tersebut. Andi mengatakan bahwa kapasitas pengunjung menaiki wahana ekstrem tersebut adalah maksimal empat orang.

“Sekarang dibuka bertahap, satu orang dan satu pendamping dari tempat wisata. Nanti dinaikkan menjadi dua orang dan satu pendamping yang punya keahlian,” tuturnya.

Tidak hanya itu, tepat di bawah wahana tersebut telah tersedia perahu penyelamat sebagai langkah antisipasi jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Jika tertarik untuk melewati jembatan tersebut, biaya yang harus dikeluarkan adalah Rp 40.000 per orang. Sementara biaya masuk Pantai Watu Bale adalah Rp 5.000 per orang.

Pesona Pantai Watu Bale

Pantai Watu Bale dapat dibilang sebagai tempat wisata baru karena baru dikelola pemerintah desa setempat sekitar 2017. Selama new normal, tempat wisata ini sudah dibuka sejak 23 Juli 2020. Pada saat itu, pantai hanya bisa dikunjungi wisatawan lokal sebelum akhirnya dapat dikunjungi oleh wisatawan luar Pacitan. Saat berada di sana, wisatawan akan langsung dimanjakan oleh pemandangan batu karang yang mirip dengan bale atau balai dalam Bahasa Indonesia.

Sembari menikmati pemandangan laut lepas, jangan lupa untuk berswafoto ria dengan latar belakang pantai, atau jalan-jalan santai sambil melihat matahari terbenam.

Pantai Watu Bale merupakan tempat wisata yang didominasi oleh tebinggi tinggi, serta salah satu pantai tak berpasir di Indonesia. Pantai tersebut berbatasan langsung dengan laut selatan. Pada masa pandemi seperti saat ini, pastikan saat berkunjung tetap melakukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, dan tidak bepergian jika demam atau suhu tubuh di atas 37,3 derajat Celsius.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul : Pantai Watu Bale Pacitan Punya Wahana Uji Nyali, Berani Coba?

Ikuti kami di
Editor: Ekayana
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved