Berita Dunia Terbaru

Masih Pandemi, Kuba Kini Tawarkan Fasilitas Vaksinasi Covid-19 untuk Turis

Berdasarkan media nasional Kuba, Finlay Institute sedang berada dalam proses pembuatan 100 juta dosis vaksin.

Havana, Kuba
Ilustrasi Havana, Kuba (Shutterstock/Sean Pavone) 

TRIBUNSOLOTRAVEL.COM - Negara yang terletak di Amerika Selatan yakni Kuba kini menawarkan fasilitas vaksinasi untuk semua turis yang datang ke sana.

Rencana tersebut akan dijalankan setelah Kuba menyelesaikan fase uji coba tahap ketiga mereka.

Seperti dilansir dari Travel Off Path, fase uji coba tahap ketiga dari vaksin Sovereign 02 milik Kuba akan dimulai Maret 2021 yang dilakukan Finlay Institute. Sejauh ini, World Health Organization (WHO) mengawasi perkembangan vaksin tersebut.

Baca juga: Pantai Watu Bale Pacitan Kini Punya Wahana Uji Nyali, Berani Coba?

Baca juga: Viral Bakul HIK Bikin Baliho Bak Politisi Kampanye di Gemolong : Jangan Pilih, Saya Tidak Nyaleg

Direktur Finlay Institute Vicente Verez yang bertanggung jawab terhadap pengembangan vaksin tersebut mengatakan bahwa sejauh ini vaksinasi tersebut telah menunjukkan respons imun yang kuat, seperti dilaporkan oleh media nasional Prense Latina.

“ Vaksinasi itu menginduksi memori jangka panjang dari respons imun yang selain memproduksi antibodi, juga membuatnya bertahan,” kata Verez dalam penampilan virtualnya di markas Pan American Health Organization yang berlokasi di Havana, Kuba.

Ia bersikeras bahwa penawaran vaksinasi untuk turis tersebut bertujuan untuk kesehatan global, bukannya benar-benar dimotviasi oleh faktor keuangan. “Kami bukanlah (perusahaan) multinasional di mana tujuan keuangan adalah alasan nomor satu. Tujuan utama kami adalah untuk membuat banyak orang sehat,” imbuh dia.

Berdasarkan media nasional Kuba, Finlay Institute sedang berada dalam proses pembuatan 100 juta dosis vaksin. Jumlah tersebut bisa memenuhi kebutuhan Kuba sendiri sekaligus negara lain yang tertarik untuk membeli.

Finlay Institute menegaskan bahwa mereka akan menawarkan vaksinasi tersebut pada semua orang asing yang datang ke negara tersebut dan tertarik untuk melakukannya. Saat ini, sekitar 150.000 dosis sedang diberikan selama uji coba klinis. Verez mengatakan, bahwa dosis ketiga vaksin diperlukan untuk menghasilkan kekebalan imun serta netralisasi virus terbaik.

Saat ini, Kuba sudah terbuka untuk pariwisata. Semua negara harus bisa menunjukkan hasil bukti negatif Covid-19 dengan metode RT-PCR yang diambil dalam kurun waktu maksimal 72 jam.

Selain bukti hasil tes negatif, ada pula tambahan berupa formulir online dan persyaratan asuransi perjalanan yang harus dimiliki pelancong.

Para pelancong juga harus melakukan karantina lima hari di hotel dengan biaya sendiri. karantina dilakukan lima hari sampai mereka memperoleh hasil tes Covid-19 yang baru. Kebijakan tersebut berlaku mulai 6 Februari 2021.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul : Kuba Tawarkan Fasilitas Vaksinasi Covid-19 untuk Turis

Ikuti kami di
Editor: Ekayana
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved