Berita Dunia Terbaru

Denmark dan Swedia Berencana Gunakan Sertifikat Vaksin Covid Digital untuk Syarat Perjalanan

sertifikat digital tersebut juga bisa digunakan sebagai sarana pemeriksaan seseorang apakah sudah divaksinasi atau belum

Editor: Ekayana
http://www.stylt.se/
Pulau Hamneskar di Swedia yang memiliki sebuah mercusuar terkenal bernama Pater Noster.(dok. Erik Nissen Johansen 

TRIBUNSOLOTRAVEL.COM - Swedia kini mulai mengembangkan sertifikat vaksin digital atau paspor vaksin yang bisa digunakan untuk syarat perjalanan atau bahkan lebih dari itu.

Seperti dilansir dari The Guardian, hal tersebut juga sudah diumumkan sehari lebih dulu oleh Denmark.

Baca juga: Jam Operasional Solo Paragon Mall Kini Diperpanjang Hingga Pukul 9 Malam

Baca juga: Hari ke-2 Gerakan Jateng di Rumah Saja : Pasar Klithikan Notoharjo Solo Penuh Sesak Manusia

Dua negara Skandinavia tersebut mengatakan bahwa sertifikat vaksin Covid akan didesain untuk memungkinkan para pelancong bepergian ke luar negeri.

Namun, sertifikat digital tersebut juga bisa digunakan sebagai sarana pemeriksaan seseorang apakah sudah divaksinasi atau belum, ketika seseorang menghadiri acara seperti olahraga atau kebudayaan.

“Sertifikat vaksin digital akan cepat dan mudah untuk membuktikan proses vaksinasi telah terpenuhi,” kata Menteri Pengembangan Digital Swedia Anders Ygeman dalam sebuah pernyataan.

Pemerintah Swedia berharap infrastruktur yang dibutuhkan untuk mengeluarkan sertifikat digital itu sudah siap digunakan pada Juni 2021.

Denmark yang mengumumkan program tersebut sehari sebelumnya, awalnya mereka hanya akan meluncurkan daftar online yang bisa diakses untuk memeriksa status vaksinasi seseorang. Mereka berharap daftar online tersebut akan siap di akhir Februari, sementara mereka mempersiapkan sebuah solusi teknis jangka panjang.

Meski begitu, pemerintah Denmark mengatakan mereka akan menunda keputusan akhir tentang apakah “paspor corona” bisa digunakan untuk tak hanya syarat perjalanan saja. Mereka juga menunggu dilakukannya lebih banyak riset mengenai apakah orang-orang yang sudah divaksinasi ini masih bisa menularkan virus.

Tujuannya, agar sertifikat digital ini bisa berkontribusi terhadap pembukaan kembali Denmark secara bertahap yang sehat dan sesuai.

“Sangat penting bagi kami untuk bisa memulai kembali kemasyarakatan Denmark, dan perusahaan-perusahaan juga bisa kembali beroperasi,” kata Pejabat Menteri Keuangan Denmark Morten Bodskov, dalam sebuah pernyataan.

Sumber: Kompas.com

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved