Berita Indonesia Terbaru

Savana Bekol TN Baluran Larang Wisatawan Gelar Tikar, Kenapa?

Untuk kegiatan wisata, pengunjung tidak boleh memasuki area di luar Savana Bekol dan Pantai Bama yang berada dalam satu jalur.

Editor: Ekayana
https://pesona.travel
Pantai Bama, Taman Nasional Baluran 

TRIBUNSOLOTRAVEL.COM - Taman Nasional (TN) Baluran merupakan salah satu tempat wisata yang menawarkan keunikan tersendiri. Pasalnya, salah satu area wisata bernama Savana Bekol menawarkan pemandangan hamparan savana terluas di Pulau Jawa dengan latar belakang kemegahan Gunung Baluran.

Kendati areanya cocok dijadikan sebagai tempat piknik dan menggelar tikar untuk santap siang sembari menikmati pemandangan, Humas TN Baluran Joko Mulyo mengimbau agar wisatawan tidak melakukannya.

Baca juga: Masata Sebut Wisata Petualangan Bisa Dikembangkan di Desa Wisata

Baca juga: Berkunjung ke TN Baluran Banyuwangi, Kini Wisatawan Diwajibkan Rapid Antibodi

“Aktivitas di sekitar Savana hanya boleh untuk spot foto saja. Tidak boleh lebih dari itu,” kata pria yang akrab disapa Jomy, Selasa (19/1/2021). Adapun, larangan tersebut lantaran Savana Bekol merupakan habitat satwa seperti rusa, kerbau, dan ular, sehingga kegiatan piknik merupakan hal yang sangat riskan.

Untuk kegiatan wisata, pengunjung tidak boleh memasuki area di luar Savana Bekol dan Pantai Bama yang berada dalam satu jalur.

Jika ingin makan, wisatawan dapat melakukannya di area yang telah ditentukan, seperti kantin, di dalam mobil masing-masing, atau di area piknik Pantai Bama.

Apabila ingin berkunjung ke TN Baluran, saat ini pihak tempat wisata memiliki syarat kunjungan terbaru bagi wisatawan dari dalam dan luar Provinsi Jawa Timur (Jatim), serta wisatawan mancanegara (wisman).

Wisatawan dari dalam Jatim hanya perlu menunjukkan KTP dan surat keterangan sehat/dokter.

Sementara mereka yang tiba dari luar Jatim menunjukkan KTP dan hasil negatif rapid test antibodi. Bagi wisman, mereka wajib membawa paspor dan hasil negatif swab PCR.

Baik surat keterangan sehat/dokter, serta hasil rapid test antibodi maupun swab PCR, masa berlakunya tiga hari.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul : Jangan Gelar Tikar di Savana Bekol TN Baluran, Kenapa?

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved