Berita Dunia Terbaru

Masih Pandemi, Harbin Snow and Ice Festival ke-37 Tetap Diadakan

Festival musim dingin ini mrerupakan acara besar di Harbin yang terletak di China bagian timur laut, tepatnya provinsi Heilongjiang.

Giusparta/Shutterstock.com
Festival es internasional di Harbin, China 

TRIBUNSOLOTRAVEL.COM - Meskipun pandemi Covid-19 masih belum usai, Harbin Snow and Ice Festival yang ke-37 tetap diadakan sesuai rencana.

Festival musim dingin ini mrerupakan acara besar di Harbin yang terletak di China bagian timur laut, tepatnya provinsi Heilongjiang.

Baca juga: Berikut Daftar Stasiun Penyedia Layanan Rapid Test Antigen dan Harganya

Baca juga: Komplek Candi Cetho, Tempat Ibadah Umat Hindu di Karanganyar yang Ditemukan Oleh Pemerintah Belanda 

Acara ini selalu berhasil jadi daya tarik turis dari seluruh China dan dunia setiap bulan Desember hingga Januari sejak pertama kali dilangsungkan pada 1985.

Festival ini tetap dilaksanakan sesuai rencana dan sekaligus jadi tanda keberhasilan China dalam mengontrol Covid-19'>penyebaran Covid-19.

China juga telah menghapus berbagai pembatasan di seluruh negeri, sehingga masyarakat sudah bisa bepergian dengan bebas selama masih dalam perbatasan China.

Dilaksanakan dengan pembatasan

Namun, adanya peningkatan kasus di kota-kota terdekat, yakni Shenyang dan Dalian terpaksa mengubah beberapa rencana. Walaupun festival tetap dibuka dan pengunjung bisa membeli tiket masuk untuk melihat karya seni yang terbuat dari es, berbagai acara dan penampilan telah dibatalkan.

Termasuk pula upacara pernikahan berkelompok yang seharusnya dilakukan pada 5 Januari 2021 juga harus dibatalkan. Selebrasi tahun baru dan kembang api juga dibatalkan.

“Semua pengunjung harus meningkatkan kewaspadaan, menunjukkan kode kesehatan saat memasuki area taman, diukur suhu tubuhnya, memakai masker sepanjang waktu, dan menjaga jarak aman dengan orang lain di taman,” seperti tertera dalam pernyataan yang dibagikan di sosial media festival tersebut, 29 Desember 2020.

Kode kesehatan yang disebutkan dalam pernyataan tersebut merujuk pada aplikasi yang harus dimiliki semua orang di China dalam ponsel mereka. Aplikasi tersebut untuk melakukan verifikasi bahwa mereka bebas dari Covid-19. Aplikasi tersebut juga digunakan untuk melakukan contact tracing atau pelacakan kontak jika seseorang jatuh sakit.

Pembatasan untuk perjalanan dalam negeri telah dihapus di beberapa provinsi sejak April 2020 silam. Harbin Snow and Ice Festival merupakan yang terbesar di dunia. Setiap tahun, pekerja akan mengambil blok es dari Sungai Songhua.

Nantinya, para seniman akan menggunakan blok es tersebut untuk membuat kreasi mereka. Tekanan terus ada untuk membuat festival yang lebih bagus dari tahun sebelumnya.

Maka dari itu, beberapa highlight untuk festival tahun 2021 termasuk “istana kristal”, “ice bar” berukuran besar yang bisa digunakan, dan model skala kapal induk pertama China yang seluruhnya terbuat dari salju.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul : Harbin Snow and Ice Festival ke-37 Tetap Diadakan di Tengah Pandemi

Ikuti kami di
Editor: Ekayana
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved