Berita Indonesia Terbaru

TN Alas Purwo Buka Lagi, Wisatawan Dibatasi 500 Orang Per Hari

Saat ini pihaknya masih membatasi kunjungan wisatawan sebanyak 500 orang per hari. Meski begitu, TN Alas Purwo tidak berlakukan sistem buka tutup.

Editor: Ekayana
ARSIP HUMAS PEMKAB BANYUWANGI
Sadengan, salah satu titik yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke Taman Nasional Alas Purwo di Banyuwangi, Jawa Timur 

TRIBUNSOLOTRAVEL.COM - Taman Nasional (TN) Alas Purwo di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur (Jatim) kini telah dibuka kembali pada Senin (4/1/2021).

“Sudah dibuka, tapi untuk goa masih ditutup. Semua bisa dikunjungi kecuali goa,” kata Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah I TN Alas Purwo Probo Wresni Adji, Kamis (7/1/2021).

Baca juga: SE PSBB Sukoharjo sudah Keluar, PKL hingga Mall Dibatasi Buka Sampai Jam 7 Malam

Baca juga: Usai Lockdown, Kini Puerto Rico Siap Buka Kembali Pantai dan Tempat Wisata

Dia melanjutkan, saat ini pihaknya masih membatasi kunjungan wisatawan sebanyak 500 orang per hari. Meski begitu, TN Alas Purwo tidak berlakukan sistem buka tutup.

Sebab, imbuh Probo, sejak dibuka kembali selama new normal pada pertengahan 2020, pihaknya tidak pernah menerima jumlah pengunjung hingga 500 orang atau lebih dalam sehari.

Untuk Savana Sadengan sendiri, kapasitasnya pun masih maksimal 50 wisatawan dengan sistem buka tutup. “Sirkulasi pengunjung di TN Alas Purwo lancar. Dan rata-rata waktu pengunjung paling lama dua jam sehingga tidak sampai ada penumpukan pengunjung,” terangnya. Tidak perlu bawa surat rapid test

Tidak perlu bawa surat rapid test

Apabila ingin berkunjung ke TN Alas Purwo, Probo menuturkan bahwa saat ini wisatawan tidak perlu membawa hasil negatif rapid test antigen, antibodi, maupun swab PCR. Adapun, syarat tersebut berlaku bagi wisatawan baik dari luar provinsi Jatim maupun dari dalam Jatim.

Meski begitu, sebelumnya wisatawan yang hendak berkunjung ke sana untuk menginap di Plengkung wajib membawa hasil negatif rapid test antigen.

“Respons dari pengunjung yang menginap di Plengkung sangat bagus. Mereka tidak keberatan dan puas dengan adanya pemeriksaan yang ketat,” ungkap Probo. Meski saat ini TN Alas Purwo tidak memiliki syarat apa pun terkait rapid test atau swab PCR, Probo menegaskan bahwa pihaknya akan mengikuti arahan Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Banyuwangi. “Kalau pun nanti ada SE baru terkait PSBB Jawa-Bali, kami TN Alas Purwo akan mengikuti,” katanya.

Dia melanjutkan bahwa jika ada arahan baru, pihak tempat wisata tersebut akan berkoordinasi lebih lanjut. Untuk saat ini, Probo berharap dalam arahan selanjutnya terdapat syarat rapid test. Bagi yang ingin berkunjung, Probo menyarankan agar wisatawan mengunduh aplikasi Peduli Lindungi dan membawa surat pernyataan bertanggung jawab dengan materai Rp 6.000.

Tutup saat libur tahun baru

Sebelumnya, TN Alas Purwo tutup saat periode libur tahun baru 2021 yakni pada 30 Desember 2020 – 3 Januari 2021. Hal tersebut diumumkan melalui unggahan akun Instagram @tnalaspurwo. Pihak tempat wisata menutup kawasan karena kunjungan wisatawan meningkat secara signifikan dan berpotensi menyebabkan penyebaran Covid-19.

Adapun, penutupan sesuai dengan arahan SE Nomor SE.08/T.38/TU-5/KSA.3.1/12/2020 tentang Penutupan Kunjungan Wisata ke Kawasan Taman Nasional Alas Purwo yang ditandatangani oleh Kepala Balai TN Alas Purwo, Nuryadi.

Pada masa pandemi seperti saat ini, pastikan saat berkunjung tetap melakukan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, dan tidak bepergian jika demam atau suhu tubuh di atas 37,3 derajat Celsius.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul : TN Alas Purwo Buka Lagi, Wisatawan Tidak Perlu Rapid Test

Sumber: Kompas.com

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved