Berita Dunia Terbaru

Penerbangan Arab Saudi Sudah Dibuka Kembali, Saudi Airlines Mulai Penjualan Tiket

Calon penumpang sudah bisa melakukan transaksi pemesanan tiket. Maskapai penerbangan tersebut pun sudah beroperasi kembali di bandara.

Editor: Ekayana
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi pesawat Saudi Airlines 

TRIBUNSOLOTRAVEL.COM - Maskapai penerbangan Saudi Airlines kini telah memulai penjualan tiket pesawat menuju Arab Saudi.

Penjualan tiket kembali dilakukan setelah pemerintah Arab Saudi kembali mengizinkan penerbangan masuk ke negaranya pada Minggu (3/1/2021).

Baca juga: Taman Balekambang Solo Kini Dibuka Kembali Setelah Tutup Sejak September 2020

Baca juga: Curug Bendo Jadi Alternatif Wisata Alam Alter di Pekalongan Terbaru

Saudi Airlines sudah membuka kembali penjualan tiket. Calon penumpang sudah bisa melakukan transaksi pemesanan tiket. Maskapai penerbangan tersebut pun sudah beroperasi kembali di bandara.

Saudi Airlines telah menerima surat pemberitahuan dari General Authority of Civil Aviation (GACA) Arab Saudi tentang pengangkatan suspensi semua penerbangan internasional dan perjalanan masuk ke wilayah Arab Saudi untuk semua maskapai penerbangan.

Belum ada prosedur terbaru

Terkait aturan dan prosedur penerbangan ke Arab Saudi, hingga kini Saudi Airlines dan maskapai penerbangan lain masih mengikuti prosedur penerbangan yang lama. Masih belum ada informasi terbaru terkait prosedur penerbangan setelah pencabutan pembatasan perjalanan tersebut.

Saudi Airlines sendiri masih menunggu arahan resmi dari kantor pusat mereka yang berada di Jeddah, Arab Saudi terkait hal ini.

Beberapa aturan dan prosedur lama tersebut di antaranya, menerapkan prosedur protokol kesehatan dan social distancing dengan tujuan meminimalisir rantai penyebaran virus Covid-19 yang dilakukan baik saat penumpang berada di bandara atau pun memasuki pesawat.

Hal yang sama pun berlaku pada penerbangan untuk kegiatan umrah. Jemaah umrah asal Indonesia bisa kembali diberangkatkan ke Tanah Suci dengan adanya pembukaan kembali akses penerbangan ke Arab Saudi tersebut.

Kabid Umrah Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (Amphuri) Zaki Zakaria, setelah bandara Indonesia dibuka untuk penerbangan internasional tanggal 14 Januari 2021 mendatang, umrah bisa kembali diberangkatkan.

Terkait keberangkatan untuk umrah, Saudi Airlines juga mengonfirmasi hingga kini belum ada prosedur dan aturan terbaru yang diberlakukan setelah pembatasan penerbangan ditiadakan. Persyaratan masih mengacu pada aturan lama, di antaranya usia sesuai ketentuan pemerintah Arab Saudi.

Lalu tidak memiliki penyakit penyerta (komorbid), menandatangani surat pernyataan tidak akan menuntut pihak lain atas risiko yang timbul akibat Covid-19, dan surat bukti bebas Covid-19.

Sebelumnya, dilaporkan bahwa Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi mengumumkan pada Minggu (3/1/2021) bahwa mereka telah mencabut larangan perjalanan sementara.

Larangan tersebut berlaku pada Desember 2020 sebagai langkah pencegahan terkait deteksi varian baru Covid-19 yang terjadi di sejumlah negara.

Beberapa pembatasan baru diberlakukan untuk para pelancong yang bukan warga Arab Saudi, serta pelancong dari Inggris, Afrika Selatan, dan negara lain yang telah mendeteksi varian baru Covid-19.

Pembatasan tersebut, mereka harus meninggalkan negara-negara tersebut setidaknya 14 hari sebelum memasuki Arab Saudi.

Sementara itu, warga Arab Saudi yang diizinkan masuk dari negara-negara dengan varian baru Covid-19 untuk kasus-kasus kemanusiaan dan esensial wajib tinggal di rumah mereka selama 14 hari untuk observasi.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul : Penerbangan Arab Saudi Buka Lagi, Saudi Airlines Mulai Jual Tiket

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved