Berita Indonesia Terbaru

Siap Siap Berlibur, Kini Seluruh Tempat Wisata di Banyuwangi Kembali Buka

Saat ini wisatawan sudah bisa berkunjung ke seluruh tempat wisata di sana termasuk Kawah Ijen dan Taman Nasional (TN) Alas Purwo.

Editor: Ekayana
Dok. Biro Komunikasi Publik Kemenparekraf
ILUSTRASI - Ijen, Banyuwangi (Dok. Biro Komunikasi Publik Kemenparekraf) 

TRIBUNSOLOTRAVEL.COM - Seluruh tempat wisata di Banyuwangi, Jawa Timur kini kembali dibuka sejak Senin (4/1/2021).

Hal tersebut diumumkan oleh Pemerintah Kabupaten Banyuwangi melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar).

“Sudah buka kembali,” kata Kepala Disbudpar Banyuwangi MY Bramuda saat dikonfirmasi, Selasa (5/1/2021).

Baca juga: Awal Tahun 2021, TMII Dikunjungi Puluhan Ribu Wisatawan

Baca juga: Tak Hanya Bus, Feeder BST Solo Juga Digratiskan, Berikut Rute Perjalanannya

Bram menuturkan bahwa saat ini wisatawan sudah bisa berkunjung ke seluruh tempat wisata di sana termasuk Kawah Ijen dan Taman Nasional (TN) Alas Purwo.

Meski begitu, kapasitas kunjungan masih dibatasi maksimal 50 persen dari kapasitas maksimal. Pembelian tiket masuk ke tempat wisata pun masih dilakukan secara daring. “Iya betul pembelian tiket lewat Banyuwangi Tourism,” tuturnya.

Adapun, Banyuwangi Tourism merupakan aplikasi pembelian tiket yang juga memberi informasi terkait jumlah wisatawan yang masuk ke sana.

Pada kesempatan lain, Bram mengatakan bahwa jika jumlah wisatawan sudah mencapai kapasitas maksimal selama new normal maka calon wisatawan tidak bisa membeli tiket masuk.

“Bisa kunci semua destinasi wisata secara online. Kami kunci kalau kapasitas sudah penuh. Misal Kawah Ijen sehari 450 orang. Kalau lebih tidak bisa cetak tiket,” ujarnya, Senin (28/12/2020).

Pernyataan itu ia sampaikan dalam rapat virtual bersama para Kepala Dinas Pariwisata dari 34 provinsi di Indonesia yang bertajuk “Rapat Strategi Meraih Kepercayaan Wisman & Wisnus untuk Berkunjung ke Destinasi Pariwisata di Era Adaptasi Baru”, Sabtu (26/12/2020).

Tutup pada periode Tahun Baru

Sebelumnya, seluruh tempat wisata di Banyuwangi tutup pada 31 Desember 2020 – 3 Januari 2021 untuk mencegah penyebaran Covid-19 selama libur Tahun Baru. Hal tersebut diumumkan oleh akun Instagram @banyuwangi_tourism pada Selasa (29/12/2020). Namun khusus TN Alas Purwo, tempat wisata tersebut sudah ditutup sejak Rabu (30/12/2020).

Baik TN Alas Purwo maupun Kawah Ijen, keduanya ditutup untuk keasrian lingkungan yang untuk sementara waktu akan terhindar dari manusia. Penutupan seluruh tempat wisata tertera dalam Surat Edaran (SE) Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Banyuwangi Nomor 210/SE/STPC/2020.

SE Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Banyuwangi tentang Pengendalian Kegiatan Masyarakat Dalam Rangka Pencegahan ovid-19 Pada Masa Libur Tahun Baru 2021.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul : Asyik, Seluruh Tempat Wisata di Banyuwangi Buka Lagi

Sumber: Kompas.com

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved