Wisata Sejarah Dunia

Bosnia Herzegovina, Wisata Religi Bagi Umat Katolik di Medjugorje

Nama Medjugorje sendiri berarti between two hilss atau di antara dua bukit. Salah satu bukit tersebut jadi tempat anak-anak melihat Bunda Maria

Shutterstock/NikolaR
Bukit dengan salib di Medjugorje, Bosnia dan Herzegovin 

TRIBUNSOLOTRAVEL.COM - Negara Bosnia dan Herzegovina memang memiliki banyak pesona.

Tak hanya terletak di Ibukota Sarajevo saja, ada sebuah kota yang berlokasi di bagian barat daya negeri itu, sekitar 20 kilometer dari perbatasan dengan Kroasia, yakni Medjugorje.

Baca juga: Puncak Suroloyo, Menikmati Megahnya Candi Borobudur Dari Ketinggian 1.019 mdpl

Baca juga: Menikmati Wisata Adrenalin di India, Berjalan di Skywalk Kaca Setinggi 2.194 Mdpl, Berani?

Dalam sesi Travel Virtual Tour Bosnia dan Herzegovina bersama Kompas.com dan Avia Tour pada Sabtu (5/12/2020), para peserta diajak berkeliling Medjugorje.

Kota ini menjadi begitu populer sejak 1981. Saat itu, enam anak-anak lokal Medjugorje mengaku melihat penglihatan soal Bunda Maria. Usia mereka saat itu berkisar antara 10-16 tahun.

Nama Medjugorje sendiri berarti between two hilss atau di antara dua bukit. Salah satu bukit tersebut jadi tempat anak-anak melihat ‘penampakan’ Bunda Maria.

Itulah mengapa bukit tempat para anak tersebut mendapatkan penglihatan disebut sebagai Apparition Hill atau Bukit Penampakan.

Bukit satunya lagi disebut Mountain of the Cross karena di sana terdapat salib biru besar yang dibangun di atas bukit tersebut pada tahun 1933. Pembangunan salib tersebut bertepatan dengan 1900 tahun sejak Tuhan Yesus mengorbankan diri.

Paus yang berkuasa saat itu mendengar soal pembuatan salib ini. Kemudian, penduduk Medjugorje mendapatkan potongan kecil salib dari Holy Cross atau salib Tuhan Yesus. Potongan salib itu lalu ditempatkan di salib yang ada di bukit tersebut.

Wisata religi di Medjugorje

Sejak itulah banyak pemeluk agama Katolik yang berdatangan ke Medjugorje. Mereka berziarah di sana. Mereka berdoa di salah satu dari dua salib biru yang terdapat di bukit.

Halaman
123
Ikuti kami di
Editor: Ekayana
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved