Obyek Wisata Wonogiri

Berwisata ke Waduk Tandon Wonogiri, Padang Rumputnya Ramai Dikunjungi Warga

Padang rumput hijau itu pun menjadi daya tarik wisata dadakan. Banyak orang yang datang ke padang rumput itu setelah mengetahuinya dari media sosial.

Editor: Ekayana
KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA
Panorama Waduk Tandon Wonogiri dari ketinggian 

TRIBUNSOLOTRAVEL.COM - Tak hanya memiliki Waduk Gajah Mungkur, Wonogiri juga memiliki waduk lain yang menjadi tempat wisata bagi warga sekitar yakni Waduk Tandon atau Waduk Krisak.

Berbeda dari waduk Gajah Mungkur, Waduk Tandon memiliki padang rumput hijau yang indah.

Hal tersebut karena debit airnya yang berkurang karena musim kemarau.

Baca juga: Rumah Budaya Kratonan : Ruang Kreatif di Solo yang Juga Beri Informasi Sejarah Politik Indonesia

Baca juga: Watu Cenik, Spot Asyik Menikmati Wonogiri dari Ketinggian

Padang rumput hijau itu pun menjadi daya tarik wisata dadakan. Banyak orang yang datang ke padang rumput itu setelah mengetahuinya dari media sosial.

Hal itu diakui salah satu pengunjung bernama Nur Ratna (29) asal Kota Wonogiri saat berkunjung ke Waduk Tandon.

“Mulai tau ada padang rumput sejak pertengahan Agustus kemarin. Ternyata memang beneran keren, bisa foto sambil tiduran di rumput hijau,” ujarnya. Ia melanjutkan, sore itu suasana di padang rumput Waduk Tandon ramai.

Pengunjung hingga pedagang, semuanya ada. Bahkan ada orang yang memakai kostum Naruto untuk foto. Waduk Tandon berlokasi di Desa Pare, Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Jarak tempuh dari Kota Wonogiri hanyalah sekitar 6 kilometer (km) dengan waktu tempuh kurang-lebih 10 menit.

Panorama di Waduk Tandon Wonogiri

Panorama Waduk Tandon di Wonogiri memang menawan, tidak kalah dengan Waduk Gajah Mungkur. Waduk Tandon memang tak terlalu luas.

Namun, di sebelah selatannya terdapat deretan perbukitan yang memanjang.

Hal itu membuat waduk ini seolah dikelilingi oleh benteng hijau raksasa. Pada pagi hari, awan dan kabut tipis melayang di atap perbukitan itu. Padang rumput dengan latar belakang perbukitan pun menjadi perpaduan yang pas bagi pengunjung untuk berfoto.

Mereka juga bisa memadukan tiga elemen sekaligus, yakni waduk, padang rumput, dan latar belakang perbukitan. Adapun, waktu terbaik untuk berkunjung ke Waduk Tandon ini adalah pagi dan sore hari saat matahari belum begitu panas.

Karena masih masa pandemi, pengunjung wajib mematuhi protokol kesehatan, seperti memakai masker, jaga jarak, dan cuci tangan sebelum masuk lokasi. Mereka yang sakit pun hendaknya tidak bepergian terlebih dahulu.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul : Waduk Tandon Wonogiri Surut, Padang Rumputnya Ramai Dikunjungi Warga

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved