Ikuti Malioboro, Malang Bakal Punya Kawasan Wisata Baru Bernama Malang Heritage

Pada rencana awal, beberapa ruas jalan yang akan ditutup selama pembangunan kawasan Malang Heritage tersebut akan dilakukan pada 2 November 2020.

Penulis: Ekayana
Editor: Ekayana
KOMPAS/DAHLIA IRAWATI
Kawasan Kayutangan, Kota Malang, dengan latar belakang pemandangan Gereja Katolik Hati Kudus Yesus Kayutangan, Kamis (3/3/2016). (KOMPAS/DAHLIA IRAWATI) 

TRIBUNSOLOTRAVEL.COM - Saat ini pembangunan kawasan wisata Malang Heritage di wilayah Kayutangan, Kota Malang, Jawa Timur telah dimulai.

Kawasan Malang Heritage tersebut diharapkan mampu menyerupai Malioboro Yogyakarta yang populer dikalangan wisatawan.

Kawasan Kayutangan, atau yang saat ini dikenal sebagai Jalan Basuki Rachmad merupakan pusat perdagangan, dan pertokoan pada masa Hindia Belanda.

Baca juga: Gunungkidul Akan Tambah Tempat Wisata Baru Berbasis Pertanian, Seperti Apa?

Baca juga: Wisata Thailand Dibuka untuk Turis Asing, Bagaimana Dengan Turis Asal Indonesia?

Di kawasan tersebut, berderet bangunan tua yang memiliki nilai sejarah tinggi. Saat ini kawasan tersebut merupakan pusat perkantoran, dan pertokoan.

Di sepanjang Jalan Basuki Rachmad, terdapat beberapa gedung perbankan, dan juga pertokoan yang telah beroperasi sejak puluhan tahun lalu.

Pendanaan proyek pembangunan Malang Heritage di kawasan Kayutangan tersebut, sebagian besar berasal dari pemerintah pusat yang disalurkan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK), dengan total mencapai Rp23 miliar.

Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan, pembangunan kawasan Malang Heritage ditandai dengan penutupan ruas jalan protokol.

"Kemarin (penutupan jalan) ditunda, karena masih ada hal-hal yang perlu dirundingkan dengan pelaku usaha ," kata Sutiaji, di Kota Malang, Selasa (10/11/2020).

Pada rencana awal, beberapa ruas jalan yang akan ditutup selama pembangunan kawasan Malang Heritage tersebut akan dilakukan pada 2 November 2020.

Namun, pada akhirnya, penutupan baru dilakukan pada 9 November 2020.

Sebagai catatan, ada dua titik utama penutupan ruas jalan yang memberikan dampak cukup besar terhadap arus lalu lintas di Kota Malang.

Dua ruas tersebut adalah, simpang empat Rajabali, dan simpang tiga di depan kantor Perusahaan Listrik Negara (PLN) Kota Malang.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul : Malang Bakal Punya Kawasan Mirip Malioboro, Namanya Malang Heritage

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved