Berita Dunia Terbaru

Bandara Fiumicino di Italia Sabet Penghargaan Lima Bintang Anti-Covid Pertama di Dunia

Berdasarkan sistem penilaian Skytrax, lima bintang menunjukkan standar kebersihan dan pemeliharaan bandara yang sangat tinggi.

Penulis: Ekayana
Editor: Ekayana
kompas.com
Leonardo da Vinci Fiumicino Airport() 

TRIBUNSOLOTRAVEL.COM -  Lembaga pemeringkat industri bandara internasional, Skytrax memberikan penghargaan kepada Bandara Fiumicino di Roma, Italia berupa “Covid-19 5-Star Airport Rating”.

Skytrax terkenal akan peringkat tahunannya yakni bandara terbaik di dunia membuat sebutan baru untuk kebersihan bandara.

Usai Pandemi, Maroko Kembali Buka Pariwisata Khusus Turis Asing dari Negara Bebas Visa

Mulai Kebiasaan Baru, Pemerintah Jepang Minta Pekerja Mempertimbangkan Bekerja di Alam

Menurut sebuah rilis dari Skytrax, lembaga tersebut mendasarkan penilaian pada kombinasi pemeriksaan efisiensi prosedural, analisis observasi visual, dan tes pengambilan sampel ATP.

Bandara yang juga dikenal sebagai Bandara Internasional Leonardo Da Vinci tersebut merupakan bandara tersibuk di Italia.

Pada 1 September 2020, bandara tersebut membuka pusat pengujian Covid-19 seluas 7.000 kaki persegi yang dikelola bersama dengan Palang Merah Italia.

Sejumlah poin yang dimiliki Bandara Fiumicino

Selain menilai uji cepat Covid-19 yang terorganisir, Skytrax juga mencatat dalam ulasannya bahwa bandara memiliki papan petunjuk yang mudah dibaca dalam berbagai bahasa.

Tidak hanya itu, bandara tersebut juga menerapkan aturan penggunaan masker yang ketat, staf kebersihan yang jelas terlihat, serta efisiensi penerbangan masuk dan keluar ke satu terminal untuk mempermudah pelacakan.

Sejauh ini, Skytrax yang kantor pusatnya di Britania Raya hanya dapat memantau bandara-bandara di Eropa.

Tidak hanya peringkat lima bintang yang berhasil disabet Bandara Fiumicino, tiga bandara lain juga berhasil mendapatkan penghargaan tiga bintang untuk tanggapan Covid-19 mereka.

Adapun tiga bandara yang dimaksud adalah Malaga-Costa del Sol di Spanyol, Nice Cote d’Azur di Perancis, dan London Heathrow.

Berdasarkan sistem penilaian Skytrax, lima bintang menunjukkan standar kebersihan dan pemeliharaan bandara yang sangat tinggi.

Sementara empat bintang adalah baik, tiga bintang adalah rata-rata, dan dua bintang artinya bandara harus memperbaiki protokol anti-Covid-19 mereka.

Untuk tahapan selanjutnya, Skytrax berharap untuk menilai bandara-bandara di Amerika Utara, Timur Tengah, dan Asia pada musim gugur 2020 lantaran lebih banyak perbatasan nasional mulai dibuka.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul : Bandara di Italia Sabet Penghargaan Lima Bintang Anti-Covid Pertama di Dunia

Sumber: Kompas.com

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved