Berita Dunia Terbaru

Seorang Turis Didenda Hingga 12 Juta Rupiah Karena Ketahuan Mengambil Pasir Pantai

Botol itu disita dan sekarang berada di ruang operasi kami tempat kami menyimpan barang-barang yang disita

insider.com
pulau Sardinia Italia 

TRIBUNSOLOTRAVEL.COM - Seorang turis didenda $ 1.200 atau sekitar Rp 22 juta setelah mencoba menyelinap lebih dari 1 kg  pasir dari pulau Sardinia di Italia.

Turis pria tersebut berasal dari Prancis dan ditangkap pada 1 September di Bandara Cagliari Elmas dengan botol air berisi sekitar 1 kg lebih pasir.

Lockdown Akan Dilonggarkan di Spanyol, Wisata Pantai Mulai Dibuka

5 Manfaat Kesehatan Berlibur ke Pantai

"Botol itu disita dan sekarang berada di ruang operasi kami tempat kami menyimpan barang-barang yang disita," kata juru bicara polisi hutan Sardinia dilansir dari Insider.com.

"Di akhir tahun biasanya kami memiliki banyak botol pasir yang terkumpul," ujarnya.

Turis tersebut diketahui menyelinap pasir yang memiliki warna unik seperti merah muda atau sangat putih dan menyimpannya sebagai suvenir atau mencoba menjualnya kembali di internet.

Pasir Sardinia telah dilindungi oleh pemerintah federal sejak 2017 dan mencurinya merupakan tindakan ilegal.

Hukuman karena mencuri pasir tersebut ternyata jauh lebih ketat selama tiga tahun terakhir.

Denda karena tertangkap dengan pasir curian berkisar dari $ 600 atau sekitar Rp 8 juta hingga $ 3.550 atau sekitar Rp 52 juta tergantung dari mana asalnya dan berapa banyak yang diambil.

Anggota masyarakat setempat juga didorong untuk menghubungi pihak berwenang setempat jika mereka melihat orang mengambil pasir dari pantai.

"Perilaku ini tidak hanya merusak lingkungan tetapi juga membahayakan pemeliharaan garis pantai untuk pengembangan pariwisata berkelanjutan di Sardinia," kata pihak berwenang setempat dalam siaran pers, yang diperoleh The Associated Foreign Press.

Ini bukan pertama kalinya wisatawan mencoba membawa pulang pasir Sardinia sebagai suvenir.

Tahun lalu, sepasang suami istri, juga dari Prancis, berhadapan dengan hukuman yakni enam tahun penjara setelah mencoba menyelundupkan hampir 90 pon atau 40 kilogram pasir dari pulau itu ke dalam 14 botol air yang berbeda.

Dan pada tahun 2016, seorang wanita yang telah mencuri pasir merah muda dari Budelli, sebuah pulau di lepas pantai Sardinia.

"Saya membaca di beberapa surat kabar dan mendengar di TV apa itu pasir dan bagaimana membuatnya," tulisnya dalam surat permintaan maaf.

"Saya mengerti betapa uniknya Sardinia. Saya merasa bersalah," kata wanita tersebut.(*)

Ikuti kami di
Penulis: Ekayana
Editor: Ekayana
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved