Kuliner di Asia

Jepang Luncurkan Gin Dari Tempat Pembuatan Sake Jaman Edo, Berlambang Gerbang Torii Merah.

Secara mengejutkan, Jepang sendiri berada pada posisi yang tepat untuk muncul sebagai kekuatan terdepan dalam dunia minuman beralkohol Gin.

Penulis: Ekayana
Editor: Ekayana
mag.japaaan.com
Gin Jepang 

TRIBUNSOLOTRAVEL.COM - Sebuah minuman beralkohol, gin yang juga disebut sebagai hasil kerajinan Jepang baru-baru ini diproduksi kembali di tempat pembuatan sake dari zaman Edo 

Minuman ini memliki perpaduan unik dari tumbuhan termasuk rumput laut, teh, wasabi, dan cedar Jepang yang juga merupakan kayu yang digunakan di gerbang kuil merah.

Mengenal Ninjutsu Hingga Shuriken di Museum Ninja Pertama Jepang

Mengenal Arak Bali, Minuman Berakohol yang Bisa Jadi Alternatif Buah Tangan dari Bali

Secara mengejutkan, Jepang sendiri berada pada posisi yang tepat untuk muncul sebagai kekuatan terdepan dalam dunia minuman beralkohol Gin.

Di Jepang sendiri terdapat 47 prefektur yang sering digunakan dalam penganan manis dan makanan lokal yang kini telah ikut memprodksi industri minuman beralkohol.

Hasilnya, gin Jepang saat ini mengalami ledakan popularitas baik secara lokal maupun internasional, mendorong sejumlah pabrik yang sudah lama berdiri untuk mulai memproduksi gin kerajinan mereka sendiri.

Salah satu tempat pembuatan bir yang memamerkan kebanggaan daerah mereka adalah Mitsutake di Prefektur Saga - pabrik pembuatan sake yang didirikan pada tahun 1688 - yang sekarang bercabang menjadi produksi gin dengan Aka Torii.

Minuman ini memiliki khas nya yaitu menggunakan cangkang tiram dan rumput laut dari sumbernya langsung.

Aka Torii sendiri secara harfiah berarti Gerbang Torii Merah.

Nama tersebut diambil dari gerbang torii merah yang terkenal di kota asal tempat pembuatan bir di Kota Kashima.

Sayangnya, gerbang tersebut dibongkar pada tahun 2007 karena rusak dan robek, tetapi masih ada di benak penduduk setempat sebagai simbol kebanggaan daerah tersebut.

Torii merah awalnya duduk di dekat Kuil Yutoku Inari, salah satu situs kota yang paling dihormati.

Torii merah awalnya duduk di dekat Kuil Yutoku Inari, salah satu situs kota yang paling dihormati
Torii merah awalnya duduk di dekat Kuil Yutoku Inari, salah satu situs kota yang paling dihormati (Soranews24)

Mitsutake terletak di Hamamachi Kota Kashima, di mana pabrik sake telah aktif sejak zaman Edo (1603-1868).

Saat ini, sejumlah pabrik sake, termasuk Mitsutake, terpelihara dengan indah di sepanjang jalan yang disebut "Sakagura Dori" ("Jalan Pembuatan Sake").

Filosofi perusahaan Mitsutake adalah "inovasi dari tradisi", yang membuat mereka merilis beberapa produk yang menarik, seperti ikatan dengan waralaba manga besar.

Sementara Mitsutake sebelumnya telah bercabang ke produksi anggur plum, Aka Torii adalah gin kerajinan pertama yang diproduksi oleh tempat pembuatan bir berusia berabad-abad tersebut.

Air dari gin tersebut juga menggunakan air alami dari pegunungan Gunung Tara yang menghubungkan Saga dan Nagasaki di sekitarnya.

Mitsutake sendiri telah memproduksi dua jenis gin untuk rilis baru ini.

Aka Torii Original (alkohol 45 persen) mengandung lima tumbuhan berikut: Juniper Berry, Lemon Peel, Orange Peel, Japanese Cedar, Japanese Tea

Dimasukkannya pohon cedar memberikan kesan indah pada gerbang torii dan bangunan kuil, yang terbuat dari kayu cedar Jepang.

Kombinasi tumbuhan ini dikatakan memberi gin aroma buah yang menyegarkan dengan nada herba untuk "rasa manis dan akhir yang misterius dan halus".

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved