New Normal Soloraya

Sambut New Normal, Tempat Wisata di Klaten Kini Siap Dibuka Kembali

Pembukaan tempat wisata tersebut digelar untuk menyambut era new normal.

INSTAGRAM/ayodolan
Umbul Kapilaler saat dikunjungi wisatawan 

TRIBUNSOLOTRAVEL.COM, SOLO - Setelah tutup akibat pandemi, sejumlah tempat wisata di Klaten kini telah siap dibuka kembali.

Hal tersebut diungkapkan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Klaten, Sri Nugroho.

Menikmati Rasa Unik Bakso Degan di Klaten, Pecinta Kuliner Harus Coba

Objek Wisata yang Masih Buka Saat Wabah Corona, Bupati Klaten Minta Segera Ditutup Sementara

Pembukaan tempat wisata tersebut digelar untuk menyambut era new normal.

"Udah simulasi dengan pelaku pariwisata dan tempat wisata, baik yang dikelola pemerintah atau desa," kata Nugroho kepada Kompas.com, Senin (3/8/2020).

Meski sudah simulasi, tempat wisata di Klaten belum dibuka. Pembukaan masih menunggu beberapa pertimbangan.

Adapun pertimbangan tersebut, seperti protokol kesehatan sudah diterapkan dengan benar, serta situasi dan kondisi daerah tempat wisata tersebut berada.

“Sekarang Kabupaten Klaten dari zona kuning menjadi merah. Semua tempat wisata sudah simulasi, tunggu arahan langsung buka semua atau bertahap,” ungkap Nugroho.

Nugroho mengungkapkan, beberapa tempat wisata yang sudah menjalani simulasi protokol kesehatan dan siap untuk dibuka antara lain adalah Umbul Ponggok, Umbul Cokro, Bukit Sidoguro, dan Rowo Jombor.

Prioritaskan wisata alam

Pada Kamis (6/8/2020) mendatang, Nugroho mengatakan, pihaknya akan melakukan pembicaraan dan evaluasi lebih lanjut untuk memutuskan kapan pariwisata di Kabupaten Klaten akan resmi dibuka.

“Diskusi dulu dengan bupati, sekretaris daerah, stakeholder, dan pihak-pihak terkait lainnya. Kalau dirasa sudah oke, langsung buka,” kata Nugroho.

Jika sudah ada lampu hijau, Nugroho menuturkan, pihaknya akan melakukan pembukaan pariwisata secara bertahap.

Kendati wisata alam lebih diutamakan untuk dibuka terlebih dahulu, namun Nugroho mengatakan bahwa seluruh rencana akan diputuskan melalui diskusi pada Kamis mendatang.

“Jika tempat wisata sudah buka) pengunjung akan dibatasi 30 persen, nanti dinaikkan menjadi 50 persen sesuai situasi dan kondisi,” tutur Nugroho.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul : Tempat Wisata di Klaten Siap Dibuka, Sudah Gelar Simulasi

Ikuti kami di
Penulis: Ekayana
Editor: Ekayana
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved