Uji Coba Pembukaan TSTJ, Akan Buka Normal Jika Tak Ada Tambahan Kasus

Dibukanya TSTJ tersebut akan dilakukan hingga 14 hari kedepan, jika tak ada penambahan kasus covid maka TSTJ akan dibuka secara normal.

TRIBUNSOLOTRAVEL.COM/EKA FITRIANI
Pengunjung saat memotret salah satu satwa di TSTJ, Sabtu (20/6/2020) 

Laporan wartawan Tribunsolotravel.com, Eka Fitriani

TRIBUNSOLOTRAVEL.COM, SOLO - Taman Satwa Taru Jurug atau TSTJ Solo telah dibuka sejak Jumat (20/6/2020) usai 3 bulan ditutup akibat pandemi virus corona.

Dibukanya TSTJ tersebut akan dilakukan hingga 14 hari kedepan, jika tak ada penambahan kasus covid maka TSTJ akan dibuka secara normal.

Satwa Unta di TSTJ Melahirkan, Diberi Nama Dovir Olan Oleh Wali Kota Solo

Setelah 3 Bulan Ditutup, TSTJ Kini Resmi Dibuka dengan Perketat Protokol Kesehatan

"Ini 14 hari ini kita coba dulu, mulai tgl 19 Juni 2020 sampai 14 hari kedepan," kata Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo., Sabtu (20/6/2020) siang.

"14 hari ini kan masa inkubasinya selesai, kalau14 hari TSTJ dibuka tidak ada penambahan pasien yang terpapar covid-19 berarti hari ke-15 anak-anak boleh berkunjung kesini," ujarnya.

Untuk saat ini, TSTJ memang masih memperketat aturan bagi pengunjung salah satunya ibu hamil dan pengunjung berusia dibawah 18 tahun tidak boleh masuk kebun binatang. 

Selain itu, TSTJ juga memeriksa setiap pengunjung yang datang, bagi yang sakit demam dengan suhu badan dibawah 37,3°C tidak diijinkan masuk.

 "Supaya nanti kalau masa inkubasi 14 hari ini sudah tidak ada kenaikan pasien terpapar virus corona positif ya berarti hari ke-15 bisa dibuka dan pengunjung dibawah usia 18 ke bawah bisa datang," katanya.

TSTJ kini juga menerapkan sistem shift untuk kunjungan wisatawan, shift 1 mulai pukul 7.00 -12.00 WIB dan 13.00- 16.00 WIB.

Selain itu, setiap harinya TSTJ hanya dapat menerima 500 pengunjung.

Hal tersebut dilakukan untuk menghindari kerumunan yang biasa terjadi saat berwisata.

Penjual makananpun kini dilarang menyediakan tempat untuk makan di tempat sehingga pembeli bisa membeli makan dengan dibungkus dan makan ditempat yang tidak berkerumun.

Dalam kondisi New Normal, semua wahana permainan, satwa tunggang dan feeding time belum dibuka kembali.

Pengunjung hanya diizinkan untuk melihat dan jalan-jalan serta berfoto selfie di area TSTJ.(*)

Ikuti kami di
Penulis: Ekayana
Editor: Ekayana
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved