New Normal, Bagaimana Protokol Kesehatan Bagi Awak Kabin Garuda Indonesia?

Selain itu, Garuda Indonesia juga menerapkan penggunaan face shield bagi kru kabin pesawat dengan rute internasional, yaitu Singapura.

SHUTTERSTOCK/LEONY EKA PRAKASA
Ilustrasi pesawat maskapai penerbangan Garuda Indonesia. (SHUTTERSTOCK/LEONY EKA PRAKASA) 

TRIBUNSOLOTRAVEL.COM - Hadapi new normal, maskapai penerbangan Garuda Indonesia menjelaskan secara lengkap mengenai penggunaan alat pelindung diri (APD) yang dipakai awak kabin pesawat.

Direktur Layanan, Pengembangan Usaha, dan Teknologi Informasi Garuda Indonesia Ade R Susardi mengatakan, awak kabinnya tidak memakai APD seperti di rumah sakit.

Usai Pandemi, Paket In City Activation Jadi Upaya Pemerintah Dorong Pariwisata Domestik

Sambut New Normal, Bandara Adi Sumarmo Perketat Seleksi Penumpang

"APD-nya yang kayak bagaimana? Seperti yang di rumah sakit? Tidak. Kita tidak pakai seperti itu. Saya setuju tidak pakai seperti itu," kata Ade dalam konferensi pers di Pelataran Hutan Kota Senayan, Jakarta, Rabu (17/6/2020).

"Tapi, kita pakai masker dan sarung tangan, termasuk untuk penyajian makanan penumpang," lanjutnya.

Selain itu, Garuda Indonesia juga menerapkan penggunaan face shield bagi kru kabin pesawat dengan rute internasional, yaitu Singapura.

"Tentu dengan berkembangnya mode akan ada penyesuaian dari bentuk face shield," ujarnya. Saat penyajian makanan, lanjut Ade, pramugari Garuda Indonesia mengenakan masker, sarung tangan, serta apron sekali pakai. 

Protokol kesehatan lainnya pada saat penyajian, yakni makanan yang hanya dapat dibuka oleh penumpang sendiri. "Jadi kita sudah pack sedemikian rupa, kita jaga. Peralatan makanan atau makanan yang kita serve itu diubah dengan protokol kesehatan," kata Ade.

"Kita sangat memperhatikan kedua belah sisi, yaitu awak kabin, pilot, dan penumpang," terangnya.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul : Apakah Benar Awak Kabin Garuda Indonesia Tak Akan Pakai APD?

Ikuti kami di
Editor: Ekayana
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved