New Normal Soloraya

Sambut New Normal, Bandara Adi Sumarmo Perketat Seleksi Penumpang

Lewat protokol kesehatan, diharapkan akan kembali meningkatkan kepercayaan publik terhadap penggunaan transportasi udara.

TRIBUNSOLO.COM/ISTIMEWA
Bandara Adi Soemarmo Boyolali memasang stiker jaga jarak sebagai bentuk antisipasi penyebaran virus Corona, Kamis (19/3/2020). 

Laporan wartawan Tribunsolotravel.com, Eka Fitriani

TRIBUNSOLOTRAVEL.COM, SOLO – Menyambut new normal usai pandemi corona, Bandara Adi Soemarmo Surakarta kini memperketat dokumen hingga kesehatan calon penumpang yang datang.

 

"Contohnya adalah memakai masker bagi penumpang, melengkapi dokumen," kata General Manager Bandara Adi Soemarmo Solo Yani Ajat Hermawan, Jumat (12/6/2020) sore.

Cegah Penyebaran Virus Corona, Bandara Adi Soemarmo Kini Dipasang Stiker Jaga Jarak

Dilarang Mudik Pemerintah, Berikut Daftar Bandara di Indonesia yang Hentikan Penerbangan

Dokumen yang harus dipersiapkan bagi penumpang yakni dokumen kesehatan berupa hasil tes PCR rapid test, surat izin keluar masuk (SIKM) dan dokumen dari Airlines.

Sedangkan bagi penumpang yang tinggal di daerah yang tidak menyediakan tes PCR maupun rapid test maka diizinkan untuk menggunakan surat keterangan bebas gejala dari rumah sakit atau puskesmas terdekat.

Dokumen tersebut nantinya akan dicek oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).

“Kalau dulu perlu surat tugas, sekarang sudah dikurangi tanpa surat tugas," katanya.

"Setelah diverifikasi di bandara, nanti bisa melanjutkan perjalanan,” ujarnya.

Melalui penerapan protokol kesehatan yang ketat sangat berada bandara, diharapkan akan kembali meningkatkan kepercayaan publik terhadap penggunaan transportasi udara.

"Mudah-mudahan ke depan penggunaan transportasi udara ini kembali ke kondisi normal seperti sebelum pandemi," ujarnya.

Sedangkan penumpang yang sakit nantinya akan ditindaklanjuti KKP apakah bisa berangkat atau tidak.

New normal sendiri sebenarnya telah berlaku mulai 9 Juni 2020, terhitung sejak tanggal tersebut pihak bandara telah melakukan langkah langkah memperketat protokol kesehatan COVID-19.

Mulai dari memberikan tanda tanda di terminal hingga boarding. Selain itu calon penumpang juga diminta tiba di bandara 3 jam sebelum jadwal keberangkatan guna kepentingan pengecekan verifikasi.(*)

Ikuti kami di
Penulis: Ekayana
Editor: Ekayana
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved