Berniat Menginap di Hotel? Berikut Protokol Kesehatan Saat New Normal Diberlakukan

Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia ( PHRI) telah mengeluarkan Buku Panduan Normal Baru Hotel dan Restoran Dalam Pencegahan Covid-19 pada Senin.

TRIBUNSOLOTRAVEL.COM/EKA FITRIANI
Salah satu pegawai hotel saat membersihkan pintu The Sunan Hotel Solo, Sabtu (4/4/2020) 

TRIBUNSOLOTRAVEL.COM - Beberapa langkah menyambut era new normal pasca pandemi Covid-19 kini mulai dipersiapkan. Beberapa sektor menyusun berbagai protokol yang sesuai dengan mengutamakan kesehatan dan kebersihan. Salah satu sektor yang menyusun protokol tersebut adalah industri hotel dan restoran.

Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia ( PHRI) telah mengeluarkan Buku Panduan Normal Baru Hotel dan Restoran Dalam Pencegahan Covid-19 pada Senin (1/6/2020).

Sambut New Normal, Portugal Perketat Tes Kesehatan Bagi Wisatawan

Pembukaan Pariwisata Indonesia Saat New Normal Beresiko Tinggi

Sekretaris Jenderal PHRI Maulana Yusran mengatakan, buku panduan ini berlaku untuk semua orang yang terkait dengan hotel mulai dari staf atau karyawan, tamu, hingga pihak ketiga seperti vendor, supplier dan lainnya.

"Misalnya tamu ya diukur suhu tubuhnya sebelum masuk hotel, paling tinggi itu 37,3 derajat celsius. Lalu wajib juga pakai masker, bawa hand sanitizer dan lainnya," kata Maulana saat dihubungi Kompas.com, Rabu (3/6/2020). Lalu apa saja protokol atau panduan untuk tamu hotel di era New Normal yang sudah disusun PHRI?

Berikut panduan untuk tamu hotel di era New Normal berdasarkan Buku Panduan Normal Baru Hotel dan Restoran Dalam Pencegahan Covid-18 yang diterbitkan PHRI

Untuk tamu kamar, food and beverage dan event

- Pengelolaan kerumunan, antrian dan pengaturan tempat, pembatasan, dan penentuan jumlah maksimum orang yang diizinkan di setiap bagian area publik hotel dan restoran yaitu lobby, teras, lift dan lainnya dibuat oleh hotel dan restoran dalam bentuk SOP internal

- Penanda atau poster atau banner ditampilkan sesuai keperluan dan situasi area

- Pada area di mana antrian kemungkinan terjadi (area penerimaan tamu, restoran, elevator, dan lainnya) diperlukan tanda untuk jaga jarak antara satu orang dengan yang lain

- Semua bagian tempat duduk harus diatur dengan jarak satu meter

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Ekayana
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved