Resep Puding Purin ala Jepang Seperti Dessert di Gyu-Kaku yang Viral di TikTok

Puding ala Gyu-Kaku sendiri sejenis dengan custard pudding Jepang yang disebut purin oleh masyarakat di Negeri Sakura

hogy / shutterstock
ilustrasi Japanese Custard Pudding (hogy / shutterstock) 

TRIBUNSOLOTRAVEL.COM - Beberapa resep rumahan viral di TikTok salah satunya yakni puding susu ala Jepang atau puding dessert di Gyu-Kaku. Resep tersebut dibagikan oleh akun @claudiajauwena. Dia membagikan resep puding Gyu-Kaku dengan bahan-bahan sederhana, seperti kuning telur, gula, cream, dan susu.

Puding ala Gyu-Kaku sendiri sejenis dengan custard pudding Jepang yang disebut purin oleh masyarakat di Negeri Sakura. Dilansir dari The Spruce Eats, purin adalah makanan penutup berbentuk puding dingin dari Jepang yang mirip seperti flan (caramel custard).

Merasakan Sensasi Semangkuk Ramen Terpedas di Jepang

Menikmati Seporsi Omurice Terenak di Jepang, Tawarkan Selimut Telur yang Lezat dan Lembut

Nama " Purin" berasal dari "pudding", tapi teksturnya tidak sama dengan puding di Amerika Serikat yang lebih lengket. Purin memiliki tekstur yang lebih padat atau mirip dengan flan versi Meksiko. Kudapan ini juga dilengkapi dengan saus karamel di atasnya. Cita rasa manis dan tekstur creamy membuat sajian ini menjadi dessert yang digemari di Jepang.

Resep purin ala rumahan terdiri dari susu, telur, gula, dan ekstrak vanili. Purin dipanggang pada loyang berisi air yang dimasukan ke dalam oven, sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk matang. Di Jepang, ada beberapa jenis purin, termasuk puding yaki, yaitu puding yang dimasak dalam oven.

Kemudian ada puding mushi, puding yang dimasak di atas kompor dengan bain marie yang dimasak dalam panci atau wajan. Bila yang ingin membuat custard pudding Jepang atau purin di rumah, berikut resep sederhana membuat purin.

Resep purin, puding khas Jepang

Bahan

  • Mentega untuk melumasi cetakan puding
  • 3 sendok makan air hangat
  • 6 sendok makan gula
  • 2 gelas susu
  • 2/3 gelas gula
  • 1 sendok teh ekstrak vanili
  • 4 butir telur yang sudah dikocok ringan

Cara membuat purin

1. Siapkan bahan dan cetakan purin berbentuk gelas yang pendek serta terbuat dari besi. Lumasi alat cetakan purin dengan mentega hingga rata.

2. Panaskan dua sendok makan air dalam panci kemudian tambahkan enam sendok makan gula, kemudian didihkan sampai berbentuk seperti saus berwarna kecoklatan. Tambahkan satu sendok makan air hangat, lalu aduk hingga saus memiliki tekstur yang encer.

3. Jika saus sudah siap, tuang ke dalam cetakan puding yang sudah dilumuri dengan mentega tadi.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Ekayana
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved