Jika Angka Covid-19 Naik Saat New Normal, Pariwisata akan Kembali Dihentikan

Oleh karena itu, Wishnutama menegaskan harus ada prosedur yang ketat sebelum suatu tempat wisata dibuka kembali

ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Menparekraf Wishnutama Kusubandio dalam konferensi pers di Jakarta, Sabtu (28/3/2020). Pemerintah akan memberikan fasilitas hotel dan transportasi gratis bagi 1100 tenaga medis penanganan virus corona. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/hp.(ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay) 

TRIBUNSOLOTRAVEL.COM - Menyusul rencana pemerintah untuk menerapkan fase new normal di tengah pandemi virus corona Covid-19, sektor pariwisata juga akan kembali. Hanya saja, aktivitas pariwisata di suatu daerah nantinya bisa saja dihentikan lagi jika kasus penularan virus corona mengalami kenaikan. Hal ini, kata Menteri Pariwisata Wishnutama, sesuai arahan dari Presiden Joko Widodo.

"Ya tentu Pak Presiden menyampaikan juga kalau Covid-19 naik lagi, tentu diberhentikan lagi," kata Wishnutama usai rapat kabinet terbatas yang dipimpin Presiden Jokowi lewat video conference, Kamis (28/5/2020).

PSBB Tak Maksimal, Tempat Wisata di Sukabumi Ini Tetap Diserbu Wisatawan

Tak Sabar Segera Berlibur? Berikut Tips Rencanakan Liburan Usai Pandemi

Oleh karena itu, Wishnutama menegaskan harus ada prosedur yang ketat sebelum suatu tempat wisata dibuka kembali. Pertama, pemda harus memastikan bahwa penularan virus corona di wilayah tersebut sudah minim. Lalu setiap tempat wisata juga harus melalui berbagai tahapan mulai dari menyusun standar operasional prosedur (SOP), melakukan simulasi, sosialisasi, hingga uji coba.

Wishnutama mengingatkan setiap baik hotel, restoran, jasa transportasi atau pun wisata alam untuk menerapkan Protokol kesehatan untuk pencegahan Covid-19. "Kalau perlu izin dicabut kalau tak mematuhi protokol kesehatan yang kita siapkan," kata dia. Selain itu, Wishnutama juga mengingatkan masyarakat yang akan berwisata untuk juga mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker, menjaga jarak, dan menjaga kebersihan. "Ini harus disiplin sekali menurut saya," kata dia.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul : Menpar: Kalau Angka Covid-19 Naik, Pariwisata Dihentikan Lagi

Ikuti kami di
Editor: Ekayana
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved